Strategi Humas dalam Membangun Citra Lembaga di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kota Semarang

Khoirunni’mah, Naili (2021) Strategi Humas dalam Membangun Citra Lembaga di Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036177_NAILI_KHOIRUNNI’MAH_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036177_NAILI_KHOIRUNNI’MAH_Lengkap)
SKRIPSI_1701036177_NAILI_KHOIRUNNI’MAH_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “STRATEGI HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA LEMBAGA DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH NAHDLATUL ULAMA (LAZISNU) KOTA SEMARANG”. Program strata I (S1), Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Walisongo Semarang.
Humas merupakan suatu seni dan ilmu pengetahuan sosial yang dipergunakan untuk menganalisis kecenderungan, memprediksi konsekuensi-konsekuensi, menasehati pemimpin, melaksanakan program yang terlaksana, baik untuk kepentingan organisasi maupun untuk kepentingan publik. Tentunya dalam suatu organisasi humas memiliki peran yang penting. Secara garis besar humas memiliki dua peran yaitu membina hubungan kedalam (public internal) dan membina hubungan keluar (public eksternal). LAZISNU Kota Semarang merupakan suatu lembaga suasta yang bergerak di bidang zakat. Dengan banyaknya lembaga zakat yang ada tentunya LAZISNU ingin memberikan pelayanan dan kepercayaan kepada masyarakat yang terbaik. Tidak hanya itu lembaga-lembaga zakat tersebut juga bersaing dalam mengambil hati para muzakki untuk membayar zakat di lembaga tersebut. Tentunya dengan persaingan yang ada suatu lembaga membutuhkan humas untuk mempermudah lembaga menciptakan hubungan sosial dengan publik, baik secara langsung dan di dunia maya yaitu humas. Humas ini salah satunya bertugas untuk membangun citra suatu lembaga. Citra lembaga harus dikelola den gan baik melalui hubungan baik antara lemaga dan publik, karena citra adalah cerminan dari lembaga. Ketika suatu lemabag memiliki citra baik maka kepercayaan, dukungan, simpati yang akan di dapatkan dengan ini maka lembaga tidak akan kesulitan dalam mencari muzaki. Tidak hanya itu, citra baik juga harus dipertahankan oleh lembaga untuk mempertahankan reputasi lembaga. Penelitian ini memfokuskan pada dua permasalahan: (1) bagaimana strategi humas dalam membangun citra lembaga LAZISNU Kota Semarang. (2) bagaimana hasil yang dicapai humas dalam membangun citra lembaga LAZISNU Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa instrumen yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis reduksi data konsep Miles dan Huberman. Uji keabsahan data mrenggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) strategi yang digunakan dalam membangun citra humas LAZISNU Kota Semarang yaitu dengan melakukan kerja sama, melakukan madrasah amil, serta melakukan digital marketing. (2) kemudian hasil yang dicapai humas dalam membangun citra lembaga LAZISNU Kota Semarang yaitu, makin banyaknya orang yang ingin membayar zakat di LAZISNU Kota Semarang, bertambahnya dana ZIS, serta mudah dalam menjalin kerja sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi humas; LAZISNU Kota Semarang; Citra
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:37
Last Modified: 13 Dec 2021 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14591

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics