Analisis pengaruh capital adequacy ratio (CAR), non performing financing (NPF), dan financing to deposit ratio (FDR) terhadap profitabilitas bank umum syariah : studi kasus pada bank umum syariah di Indonesia periode 2014-2019

Faizun, Shinta Dewi Nur (2021) Analisis pengaruh capital adequacy ratio (CAR), non performing financing (NPF), dan financing to deposit ratio (FDR) terhadap profitabilitas bank umum syariah : studi kasus pada bank umum syariah di Indonesia periode 2014-2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705036059_SHINTA_DEWI_NUR_FAIZUN] Text (SKRIPSI_1705036059_SHINTA_DEWI_NUR_FAIZUN)
SKRIPSI_1705036059_SHINTA_DEWI_NUR_FAIZUN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Capital Adequacy Ratio merupakan rasio kecukupan permodalan bank yang akan mempengaruhi mampu tidaknya suatu bank menjalankan kegiatan usahanya dengan baik. , Non Performing Financing merupakan rasio yang bisa memperlihatkan kemampuan bank dalam mengatasi pembiayaan bermasalah oleh bank, Financing To Deposit Ratio merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur suatu kemampuan bank mampu tidaknya menyediakan dana serta menyalurkannya kembali kepada nasabah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah, Bagaimana pengaruh Non Performing Financing (NPF) terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah, Bagaimana pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Capital Adequacy Ratio, Non Performing Financing, dan Financing To Deposit Ratio terhadap profitabilitas (diproksikan dengan rasio Return On Assets) Bank Umum Syariah di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan pedekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Sampel penelitian ini adalah 6 bank Umum syariah yang terdaftar dalam Otoritas Jasa Keungan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan Capital Adequacy Ratio berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, Non Performing Financing berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, Financing To Deposit Ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Bank umum syariah; Capital Adequacy Ratio (CAR); Non Performing Financing (NPF); Financing to Deposit Ratio (FDR)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Dec 2021 09:25
Last Modified: 13 Dec 2021 09:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14600

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics