Strategi penyuluh agama dalam pembinaan perilaku beragama masyarakat di kampung Koto Ringin Kecamatan Mempura Kabupaten Siak Riau

Nadhifah, Duriatun (2021) Strategi penyuluh agama dalam pembinaan perilaku beragama masyarakat di kampung Koto Ringin Kecamatan Mempura Kabupaten Siak Riau. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601016057_DURIATUN_NADHIFAH] Text (SKRIPSI_1601016057_DURIATUN_NADHIFAH)
SKRIPSI_1601016057_DURIATUN_NADHIFAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Strategi Penyuluh Agama Dalam Pembinaan Perilaku Beragama Masyarakat di Kampung Koto Ringin Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Tujuan dalam penulisan skripsi ini : 1) Untuk mengetahui kondisi perilaku beragama masyarakat di kampung Koto Ringin Kecamatan Mempura Kabupaten Siak Riau, 2) Untuk mengetahui strategi penyuluh Agama dalam pembinaan perilaku beragama masyarakat di kampung Koto Ringin Kecamatan Mempura Kabupaten Siak Riau.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang berlokasi di kampung Koto Ringin Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala KUA, kepala desa, penyuluh agama, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Sumber data sekuder dalam penelitian ini adalah buku, buku profil desa, internet dan dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi perilaku beragama masyarakat kampung Koto Ringin untuk tingkat keagamaan masyarakat saat ini dalam pemahaman dan pengamalan nilai agama masih rendah, terlihat dari terbatasnya pengetahuan dan kemampuan memahami ajaran agama. untuk kondisi perilaku beragama dengan penerapan beberapa aspek perilaku beragama menunjukkan masih tidak responsif terhadap kegiatan keagamaan terutama dalam aspek ibadah. Terdapat dua faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi dalam penerapan aspek ibadah faktor internal diataranya pekerjaan, pendatang baru, dan faktor eksternal faktor keluarga, lingkungan tempat tinggal, ekonomi. Strategi penyuluh agama dalam pembinaan perilaku beragama masyarakat di kampung Koto Ringin yaitu dengan menggunakan beberapa strategi diantaranya, strategi sentimentil berupa nasehat-nasehat keagamaan, strategi indrawi berupa praktek dan strategi rasional berupa diskusi bersama, yang dalam hal ini dilakukan secara terus menerus dengan pendekatan persuasif secara face to face agar lebih efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi penyuluh; Pembinaan perilaku; beragama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:58
Last Modified: 23 Dec 2021 03:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14611

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics