Optimalisasi potensi lokal oleh POKDARWIS Kampung Jawi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui angkringan Kampung Jawi (studi pada Kampung Jawi Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang)

Hikmatullail, Rizky Ayu (2021) Optimalisasi potensi lokal oleh POKDARWIS Kampung Jawi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui angkringan Kampung Jawi (studi pada Kampung Jawi Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601046044_Rizky Ayu Hikmatullail_SKRIPSI LENGKAP] Text (1601046044_Rizky Ayu Hikmatullail_SKRIPSI LENGKAP)
1601046044_RIZKY AYU H_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Rizky Ayu Hikmatullail (1601046044), Pengembangan Masyarakat Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, “Optimalisasi Potensi Lokal Oleh Pokdarwis Kampung Jawi Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Angkringan Kampung Jawi”. Kemiskinan merupakan permasalahan yang serius maka perlunya penanganan yang serius pula. Sebagaimana yang tercantum pada PP nomor 73 Tahun 2005 tentang kelurahan pada pasal 24 tentang pembinaan dan pengawasan bahwa perlunya melakukan upaya-upaya percepatan atau akselerasi pembangunan kelurahan. Potensi yang ada di masyarakat seringkali belum mampu di rasakan manfaatnya oleh masyarakat itu sendiri hal ini terjadi karena kurang maksimalnya dalam pengelelolaan potensi tersebut, dengan memberikan perhatian lebih terhadap potensi yang ada menjadi salah satu upaya untuk dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu bagaimana optimalisasi potensi lokal yang dilakukan oleh Pokdarwis Kampung Jawi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Angkringan Kampung Jawi? dan bagaimana hasil dari optimalisasi potensi lokal yang dilakukan oleh Pokdarwis Kampung Jawi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Angkringan Kampung Jawi?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi potensi lokal yang dilakukan oleh Pokdarwis Kampung Jawi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Angkringan Kampung Jawi dan untuk mengetahui hasil dari optimalisasi potensi lokal yang dilakukan oleh Pokdarwis Kampung Jawi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Angkringan Kampung Jawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori analisis dari Milles dan Huberman yakni analisis yang terdiri dari empat alur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Pokdarwis Kampung Jawi merangkul masyarakat untuk dapat mengelola potensi yang ada agar mampu bermanfaat bagi masyarakat luas. Masyarakat ikut serta berpartisipasi mulai memberikan gagasan hingga pelibatan dalam pembangunan. Terdapat 3 tahapan dalam optimalisasi potensi lokal yakni, perencanaan, pelaksanaan dan pengoperasian. Dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui 5P yakni, pemungkinan, penguatan, perlindungan, penyokongan dan pemeliharaan. Melalui pengoperasian Angkringan Kampung Jawi manfaat benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat Kampung Jawi mulai dari terciptanya lapangan pekerjaan, peningkatan ekonomi masyarakat dan menumbuhkan rasa percaya diri masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi; Potensi Lokal; Pemberdayaan Ekonomi; Angkringan Kampung Jawi; Ekonomi Rakyat
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 13 Dec 2021 11:44
Last Modified: 13 Dec 2021 11:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14636

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics