Strategi komunikasi dakwah MUI Jawa Tengah melalui media massa: studi kasus pada rubrik beranda ulama di harian Suara Merdeka

Safi'i, Imam (2021) Strategi komunikasi dakwah MUI Jawa Tengah melalui media massa: studi kasus pada rubrik beranda ulama di harian Suara Merdeka. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026151_IMAM_SYAFI'I_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701026151_IMAM_SYAFI'I_Lengkap)
1701026151_Imam Syafi_i_COVER - Syafii Syahreza.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan oleh Harian Suara Merdeka pada rubrik dakwah Rubrik Beranda Ulama. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil tempat di Harian Suara Merdeka yang berada di Kota Semarang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Pada metode wawancara dilakukan pada tiga responden terkait, yaitu wakil kepala biro, sekretaris redaksi, dan redaktur pelaksana. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Analisis ini berguna bagi peneliti untuk menemukan bagaimana strategi komunikasi yang digunakan dalam rubrik dakwah Rubrik Beranda Ulama.
Hasil dari penelitian ini secara umum strategi komunikasi yang diterapkan oleh Harian Suara Merdeka pada rubrik dakwah Rubrik Beranda Ulama adalah menjalin kerjasama dengan lembaga terpercaya, yaitu Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah dalam segi pengisi konten dakwahnya, strategi lainnya yaitu menyediakan materi yang aktual dengan melihat suatu fenomena umum dalam kacamata agama islam dibungkus dengan dakwah yang sejuk. Strategi distribusi Rubrik Beranda Ulama tidak hanya dalam koran cetak namun juga melalui koran digital/e-paper Harian Suara Merdeka dan media online suaramerdeka.com. Analisis menggunakan teori strategi komunikasi dari beberapa pakar dapat menghasilkan data bahwa untuk melancarkan strategi komunikasi dibutuhkan beberapa faktor diantaranya mengenali khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode dan strategi lainnya dengan analisis SWOT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Komunikasi; Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:12
Last Modified: 27 Dec 2021 03:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14658

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics