Profesionalisme wartawan muslim radio di Semarang dalam peliputan berita selama pandemi Covid-19

Ardiyansah, Mukhammad Erfan (2021) Profesionalisme wartawan muslim radio di Semarang dalam peliputan berita selama pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026094_MUKHAMMAD_ERFAN_ARDIANSYAH_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701026094_MUKHAMMAD_ERFAN_ARDIANSYAH_Lengkap)
1701026094 MUKHAMMAD ERFAN ARDIYANSAH TUGAS AKHIR - Muhammad Erfan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Masa pandemi terdapat beberapa tantangan baru dunia jurnalisme, di antaranya: ancaman kesejahteraan, resiko tertular virus Covid-19, hambatan proses kerja, peranan melawan hoaks, hingga ancaman kekerasan yang berpotensi memberikan kendala sikap profesionalisme wartawan dalam peliputan berita. Fenomena tersebut memungkinkan dialami seluruh wartawan media massa di Indonesia, termasuk wartawan muslim Radio di Semarang. Wartawan muslim diharapkan menjadi pelopor media sehat yang menyebarkan keteduhan islami. Berdasarkan urgensi profesionalisme wartawan muslim dan bidang jurnalisme, peneliti merumuskan masalah sesuai pembatasan fokus penelitian sebagai berikut: bagaimana profesionalisme wartawan muslim radio di Semarang dalam peliputan berita selama pandemi Covid-19?
Penelitian bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan profesionalisme wartawan muslim radio di Semarang dalam peliputan berita selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskrtiptif kualitatif. Sumber data primer dari lima wartawan muslim radio di Semarang. Peneliti melakukan wawancara mendalam kepada informan guna menghimpun data. Kemudian menganalisis data dengan metode interaktif, yaitu analisis data yang berlangsung terus-menerus hingga data jenuh sebagaimana diungkapkan Miles dan Huberman. Aktivitas analisis meliputi tiga tahapan yaitu: reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tentang profesionalisme wartawan muslim radio di Semarang dalam peliputan berita selama pandemi Covid-19 menunjukan bahwa, para informan mempunyai kesiapan menghadapi kendala kerja selama pandemi, memiliki latar belakang pendidikan jurnalistik yang baik, menguasai keterampilan jurnalistik yang disesuaikan dengan prosedur aktivitas selama pandemi, mempunyai kesadaran patuh pada kode etik jurnalistik, memiliki kecintaan dan dedikasi terhadap profesi, mengikuti organisasi wartawan, dan berupaya menerapkan unsur-unsur jurnalisme dakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berita; Pandemi Covid-19; Peliputan; Profesionalisme; Wartawan; Radio
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:14
Last Modified: 27 Dec 2021 03:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14660

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics