Strategi dakwah majelis rotiban keliling barisan pecinta rosulullah (roling baper) di Sukorejo Pasuruan dalam mewujudkan ukhuwah islamiyah

Aliyah, Isnanul (2021) Strategi dakwah majelis rotiban keliling barisan pecinta rosulullah (roling baper) di Sukorejo Pasuruan dalam mewujudkan ukhuwah islamiyah. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036154_ISNANUL_ALIYAH_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036154_ISNANUL_ALIYAH_Lengkap)
SKRIPSI_1701036154_ISNANUL_ALIYAH_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

“Strategi Dakwah Majelis Rotiban Keliling Barisan Pecinta Rosulullah (ROLING BAPER) di Sukorejo Pasuruan dalam Mewujudkan Ukhuwah Islamiyah” Skripsi, Program Strata 1 (S-1), Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Walisongo Semarang.
Tantangan dalam dunia dakwah semakin berat. Terutama sejak menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang merambah ke dalam sektor kehidupan, salah satunya sektor ekonomi di bidang industri. Karyawan swasta mendominasi mata pencaharian jamaah Majelis ROLING BAPER.Awal berdirinya majelis, jamaah yang berprofesi sebagai karyawan swasta selalu menduduki jumlah terbanyak hingga tahun ini. Proses industrialisasi membawa dampak negatif terhadap kehidupan sosial yaitu kurangnya rasa kepedulian dan rasa solidaritas sosial. Mengenai pemahaman agama jamaah, juga masih kurang mengingat hiruk pikuk pekerjaannya dalam keseharian. Kondisi ini membuat jamaah dulunya kurang memperhatikan hubungan antar sesama. Hal ini juga menjadi salah satu alasan yang melatarbelakangi terbentuknya Majelis ROLING BAPER. Oleh karena itu, pengurus berupaya untuk menerapkan strategi dakwah yang sesuai dengan situasi dan kondisi sasaran dakwah dengan mengaktualisasikan nilai-nilai ajaran Islam agar dakwah diterima dengan baik.
Penelitian ini memfokuskan pada dua permasalahan yaitu (1) program kegiatan Majelis Rotiban Keliling Barisan Pecinta Rosulullah Pecinta Rosulullah di Sukorejo.(2) strategi dakwah Majelis Rotiban Keliling Barisan Pecinta Rosulullah di Sukorejo dalam mewujudkan ukhuwah Islamiyah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa instrumen yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep Miles and Huberman yaitu data reduction (mereduksi data dengan memilih hal-hal pokok), data display (menyajikan data dengan bagan dan uraian singkat), verification (penarikan kesimpulan).Uji keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitiannya ini mengungkapkan bahwa (1) Program kegiatan Majelis ROLING BAPER yaitu kegiatan rutinan malam Ahad (Baperan), Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), latihan hadroh, bantuan sosial dan khitan massal (2) Kemudian strategi dakwah yang diterapkan pengurus Majelis ROLING BAPER yaitu strategi yatluu alaihim aayaatih dengan memberi pemahaman dan kebebasan, melalui kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), strategi dakwah yuzakkihim dengan memberikan perhatian dan menjalin silaturrahmi serta kegiatan istighosah dan pembacaan rotib al haddad, dan strategi yu’allimu humul kitaaba melalui kegiatan ceramah agama yang rutin dilaksanakan pada malam Minggu, kegiatan pemberian bantuan sosial dan khitan massal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Majelis roling baper; Ukhuwah islamiyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.65 Organizations of Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:16
Last Modified: 27 Dec 2021 03:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14668

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics