Analisis Pengaruh Marketing Syariah terhadap Minat Nasabah Dana Talangan Haji (Studi Kasus di Bank Muamalat Cabang Semarang)
Ulfah, Maria (2012) Analisis Pengaruh Marketing Syariah terhadap Minat Nasabah Dana Talangan Haji (Studi Kasus di Bank Muamalat Cabang Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
082411108_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (2MB) | Preview
082411108_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (92kB) | Preview
082411108_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (122kB) | Preview
082411108_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (48kB) | Preview
082411108_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (111kB) | Preview
082411108_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (8kB) | Preview
082411108_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Indonesia merupakan Negara berpenduduk muslim terbesar di dunia hampir 85% yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Oleh karena itu, merupakan salah satu modal utama kenapa banyak bank-bank konvensional membuka unit usaha syariah ataupun membuka bank syariah yang terlepas dari induk usahanya. Selain itu bank-bank syariah berlomba-lomba membuat berbagai macam produk pembiayaan di antaranya produk pembiayaan talangan haji.
Penelitian ini menjelaskan masalah apakah ada pengaruh marketing syariah terhadap minat nasabah Dana Talangan Haji. Penelitian ini bertujuan menguji secara parsial dan simultan bagaimana marketing syariah berpengaruh terhadap minat nasabah untuk pengambilan porsi haji dalam bentuk dana Talangan Haji di Bank Muamalat Cabang Semarang.
Dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian Kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan sampel adalah sampel acak (random sampling).Populasinya adalah nasabah dana talangan haji di Bank Muamalat cabang Semarang. Kuesioner didistribusikan kepada Nasabah Dana Talangan Haji sebanyak 30 responden. Kemudian metode yang di gunakan untuk mengumpulkan data menggunakan wawancara,kuesioner dan dokumentasi, teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi linear, dan uji hipotesis.
Hasil olahan statistik yang dibantu dengan dengan program SPSS 16.0 for widows menunjukan bahwa pengaruh variabel independen (syariah marketing) terhadap variabel dependen (minat nasabah dana talangan Haji) mampu memberikan sumbangan sebesar 42,7%, sedang yang 57,3%, sisanya di jelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini (tidak diteliti) atau dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Variabel tersebut antara lain berada pada tingkat pendapatan, lokasi, status dan pengetahuan terhadap bank syari’ah maupun variabel lainnya. Hasil uji empiris pengaruh antara marketing syariah terhadap minat nasabah, menunjukkan nilai t hitung 4,564 dan p value (sig) sebesar 0,000 yang di bawah 5%, dengan menggunakan tingkat alpha 5%, maka posisi nilai probabilitasnya berada dibawah Alphanya. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara marketing syariah terhadap minat nasabah. Dari hasil penelitian tersebut diaharapakan bermanfaat baagi semua pihak terutama dalam meningkatkan minat nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Syariah; Minat Nasabah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Muhammad Qomarudin |
Date Deposited: | 28 Jan 2014 10:20 |
Last Modified: | 28 Jan 2014 10:20 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1469 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year