Persepsi jamaah maiyah tentang metode dakwah dialog interaktif cak nun dalam acara gambang syafaat di Semarang

Abdurrozaq, Irfani (2021) Persepsi jamaah maiyah tentang metode dakwah dialog interaktif cak nun dalam acara gambang syafaat di Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1501026103_Irfani Abdurrozaq _Skripsi Lengkap] Text (1501026103_Irfani Abdurrozaq _Skripsi Lengkap)
SKRIPSI IRFANI ABDURROZAQ-dikonversi (1)-halaman-1-3,5-85-ditandatangani - Den Warno.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengetahui persepsi Jamaah Maiyah tentang metode dakwah yang Cak Nun gunakan, kemudian memahami proses komunikasi interaktif, yakni komunikasi dua arah antara jamaah maiyah (mad’u) dengan Cak Nun (da’i) di Majlis Gambang Syafaat di Semarang.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yang mana ada 3 langkah, yang pertama, Data Reduction (Reduksi Data), yang kedua, Display Data (Penyajian Data), dan yang ketiga, Conclusion Drawing/ Verification (Penarikan Kesimpulan).
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Peneliti menemukan persepsi jamaah Maiyah tentang metode dakwah dialog interaktif Cak Nun dalam acara Gambang Syafaat di Semarang yakni, jamaah menyatakan dalam angket yang disebar melalui media social Whatsapp bahwa metode dakwah dialog interaktif Cak Nun dalam acara Gambang Syafaat di Semarang mudah dipahami, kelebihan yang tak terhingga, cara pandang Cak Nun tentang agama sangat rasional, dakwahnya menggunakan dialog yang menarik dan unik (menggunakan diskusi dengan baik dan lembut, tidak dengan emosi atau perdebatan), dan sangat positif jadi Cak Nun mudah untuk di sukai di masyarakat. Oleh karena itu jama’ah masih mengikuti acara GambangSyafaat di Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi;Jamaah Maiyah;Metode dakwah Dialog Inetraktif Cak Nun;dan acara Gambang Syafaat di Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:30
Last Modified: 28 Dec 2021 03:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14695

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics