Strategi peningkatan anggota pada produk SIMKU (Simpanan Kurban) di KSPPS Amanah Usaha Mulia Magelang

Nizam, Muhammad (2020) Strategi peningkatan anggota pada produk SIMKU (Simpanan Kurban) di KSPPS Amanah Usaha Mulia Magelang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TUGAS_AKHIR_1705015070_MUHAMMAD_NIZAM] Text (TUGAS_AKHIR_1705015070_MUHAMMAD_NIZAM)
TUGAS_1705015070_MUHAMMAD_NIZAM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Agama Islam telah mengatur segala aspek kehidupan agar umat muslim tidak terseat dalam kehidupan yang sifatnya sementara ini. Aturan aturan tersebut dibuat berfungsi ditaati agar umat Islam tidak mendapat dosa dan jika berhasil Allah anan menaikkan derajat umat Islam setinggi-tingginya. Umat Islam diberi sebuah pedoman berupa Al-Qur’an untuk mengatur tatanan kehidupan baik kehidupan ekonomi, sosial, dan berbudaya. Al-Qur’an mengatur cara bertransaksi agar tidak terperosok kedalam lubang yang bernama riba.
Perbankan syariah hadir untuk mengakomodasi kebutuhan umuat Islam dalam bertransaksi. Perbankan syariah adalah lembaga keuangan yang menjembatani antara pihak defisit dana dengan pihak yang surplus dana. Selain lembaga perbankan juga terdapat lembaga keuangan yang bergerak dibidang keuangan yang memiliki fungsi hampir sama dengan lembaga bank salah satunya yaitu KSPPS (Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah).
KSPPS menjalankan tugas sebagian besar sistem operasionalnya memiliki kesamaan seperti Perbankan Syariah. KSPPS selain berperan dalam lembaga bisnis (Tanwil) juga melakukan fungsi sosial dalam menghimpun, mengelola, dan menyalurkan ZISWZAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Waqaf). KSPPS menawarkan berbagai produk-produk dengan prinsip syariah yang hampir sama dengan lembaga perbankan, bedanya KSPPS hanya mencangkup lingkungan kecil saja. Produk-produk penghimpun dana tersebut adalah simpanan yang meliputi tabungan dan deposito. Sedangkan produk-produk penyaluran dana seperti murabahah, mudharabah, musyarakah, salam, istishna, dan ijarah.
Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang datanya diperoleh dari lapangan, baik berupa data lisan maupun data tertulis (dokumentasi). sedangkan maksud dari data kualitatif deskkriptif yaitu penulis melakukan pengembangan teori serta menginterpresentasikan dan menggambarkan objek penelitian dengan apa adanya.
Berdasarkan hasil penelitiam ini penulis mendapatkan hasil seperti akad yang digunakan dalam penelitian ini adalah akad Mudharabah Mukayyadah. Prosedur-prosudur alur permohonan pemukaan rekening SIMKU (Simpanan Kurban) serta data peningkatan anggota pada produk SIMKU (Simpanan Kurban).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perbankan syariah; KSPPS; Simpanan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 14 Dec 2021 11:49
Last Modified: 14 Dec 2021 11:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14697

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics