Pengaruh Kualifikasi Pendidikan, Keikutsertaan Diklat dan Sikap pada Profesi terhadap Kompetensi Guru PAI SD di Kabupaten Pekalongan
Syaikhul Alim, Muhamad (2010) Pengaruh Kualifikasi Pendidikan, Keikutsertaan Diklat dan Sikap pada Profesi terhadap Kompetensi Guru PAI SD di Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, IAIN Walisongo.
SyaikhulAlim_Tesis_Sinopsis.pdf - Submitted Version
Download (258kB) | Preview
SyaikhulAlim_Tesis_Bab1.pdf - Submitted Version
Download (36kB) | Preview
SyaikhulAlim_Tesis_Bab2.pdf - Submitted Version
Download (210kB) | Preview
SyaikhulAlim_Tesis_Bab5.pdf - Submitted Version
Download (14kB) | Preview
SyaikhulAlim_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (40kB) | Preview
Abstract
Tesis ini mengkaji tentang kompetensi guru PAI SD dikaitkan dengan faktor-faktor determinan yang mempengaruhinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur: (1) pengaruh kualifikasi pendidikan terhadap kompetensi guru PAI SD di Kab. Pekalongan, (2) pengaruh keikutsertaan diklat terhadap kompetensi guru PAI SD di Kab. Pekalongan, (3) pengaruh sikap pada profesi terhadap kompetensi guru PAI SD di Kab. Pekalongan, dan (4) pengaruh kualifikasi pendidikan, keikutsertaan diklat dan sikap pada profesi secara simultan terhadap kompetensi guru PAI SD di Kab. Pekalongan.
Penelitian ini termasuk jenis ex post facto dengan desain korelasional prediktif tiga prediktor. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru PAI SD se-Kabupaten Pekalongan. Data dikumpulkan dari responden sejumlah 50 orang yang ditetapkan dengan teknik random sampling. Data kualifikasi pendidikan dan keikutsertaan diklat dikumpulkan melalui dokumentasi dengan mengadopsi model portofolio sertifikasi guru. Sementara data sikap pada profesi dijaring melalui angket dengan skala Likert. Adapun data kompetensi guru dikumpulkan lewat kombinasi antara angket dan observasi. Instrumen angket untuk sikap pada profesi dan kompetensi guru dilakukan uji validitas dengan menggunakan validitas isi dan konstruk, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas digunakan uji keandalan Cronbach’s Alpha.
Untuk analisis data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis antara lain uji normalitas data dengan teknik Kolmogorov-Smirnov, uji linearitas, dan uji multikolinearitas kemudian dilakukan analisis data penelitian dengan teknik regresi ganda tiga prediktor dengan bantuan komputer program Statistical Package for Social Science (SPSS 17).
Hasil analisis menunjukkan temuan: (1) ada pengaruh yang signifikan dari kualifikasi pendidikan terhadap kompetensi guru PAI SD di Kab. Pekalongan dengan koefisien korelasi 0,388 dan sumbangan efektif sebesar 15,05%. (2) ada pengaruh yang signifikan dari keikutsertaan diklat terhadap kompetensi guru PAI SD di Kab. Pekalongan dengan koefisien korelasi 0,409 dan sumbangan efektif sebesar 16,73%. (3) ada pengaruh yang signifikan dari sikap pada profesi terhadap kompetensi guru PAI SD di Kab. Pekalongan dengan koefisien korelasi 0,384 dan sumbangan efektif sebesar 14,75%. (4) ada pengaruh yang signifikan dari kualifikasi pendidikan, keikutsertaan diklat dan sikap pada profesi secara simultan terhadap kompetensi guru PAI SD di Kab. Pekalongan dengan koefisien determinasi 0,458 dan sumbangan efektif sebesar 45,8%. Artinya 54,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel dalam penelitian ini.
Kata kunci : kualifikasi, diklat, sikap, kompetensi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 12 Nov 2013 01:55 |
Last Modified: | 12 Nov 2013 01:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/147 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year