Strategi komunikasi radio Fast FM dalam mempertahankan identitas sebagai radio dakwah di Kota Magelang

Miladiah, Istiq Nafi Naenal (2021) Strategi komunikasi radio Fast FM dalam mempertahankan identitas sebagai radio dakwah di Kota Magelang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026092_ISTIQ_NAFI_NAENAL_MILADIAH] Text (SKRIPSI_1701026092_ISTIQ_NAFI_NAENAL_MILADIAH)
1701026092_Istiq Nafi Naenal Miladiah_Full Skripsi - Istiq Nafi.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam pengelolaan radio siaran, kebijakan format siaran menjadi kunci dari keberlangsungan penyelenggaraan siaran. Sedangkan format stasiun merupakan jantung dari seluruh kinerja pemrograman yang mengacu pada format yang semakin spesifik, karena semakin banyaknya jumlah radio siaran sehingga terciptanya segmentasi pendengar. Radio Fast FM merupakan salah satu stasiun radio yang sangat popular di wilayah Magelang. Sejak awal berdiri, Radio Fast FM mengusung format family radio. Tentunya hal ini sangat berkaitan dengan program-program siaran yang disajikan oleh Radio Fast FM. Sebagaimana yang diketahui oleh pendengar, Radio Fast FM populer dengan program siaran dakwahnya. Hal ini perlu diketahui lebih lanjut bagaimana strategi Radio Fast FM dalam memainkan program-program dakwahnya sehingga lebih menarik dan lebih banyak diminati oleh masyarakat. Program-program dakwah yang disajikan tersebut tentu dapat berpengaruh pada format radio dan berdampak Panjang dikemudian hari pada corporate identity Radio Fast FM.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Radio Fast FM dalam mempertahankan identitas sebagai radio dakwah di Kota Magelang. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian bahwa secara umum strategi yang digunakan oleh Radio Fast FM dalam mempertahankan identitas sebagai radio dakwah di Kota Magelang adalah Menyusun strategi komunikasi, strategi radio dakwah, dan strategi identitas. Dalam Menyusun strategi komunikasi dapat terlihat dari analisis khalayak yaitu dengan estimasi manajemen perusahaan. Pemilihan media komunikasi menggunakan frekuensi modulasi 90.1 MHz, aplikasi svara di smartphone, dan menggunakan media youtube. Selanjutnya penyusunan pesan komunikasi melalui penyusunan komposisi siaran yang kemudian dikemas menjadi program-program yang sangat menarik. Sedangkan peran komunikator dalam hal ini memiliki daya tarik dan kredibilitas yang sangat baik. Kemudian untuk strategi radio dakwah, Radio Fast FM menggunakan beberapa format siaran dakwah yakni format monolog, dialog interaktif, pengajian akbar, dan music islam. Sedangkan dari strategi identitas Radio Fast FM menggunakan 4 elemen penting sebagai ukuran untuk memperkenalkan diri kepada pendengar. Pertama adalah elemen behavior, Radio Fast FM berusaha menjaga etika jurnalistik maupun etika profesi yang cerdas, tanggap, dan bertanggung jawab. Kemudian pada elemen communication, Radio fast FM membentuk Kerjasama dengan instansi-instansi terkait yang mendukung arus informasi public, dan menjalin Kerjasama iklan. Pada elemen symbolism, Radio Fast FM memperkenalkan diri dengan nama perusahaan, logo perusahaan, dan tagline radio. Selanjutnya pada elemen personality, Radio Fast FM memiliki keunggulan dalam format perbincangannya yang terkait dengan permasalahan keagamaan, Kesehatan, dan pertanian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi; Radio dakwah; Identitas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:31
Last Modified: 27 Dec 2021 03:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14704

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics