Teknik penyampaian pesan birrul walidain dalam film Meniti Senja

Nadifah, Fatih Fahlevi (2021) Teknik penyampaian pesan birrul walidain dalam film Meniti Senja. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026090_FATIH_FAHLEVI_NADIFAH] Text (SKRIPSI_1701026090_FATIH_FAHLEVI_NADIFAH)
1701026090_Fatih Fahlevi Nadifah_Lengkap Tugas Akhir-dikonversi - Fatih Fahlevi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Fenomena kedurhakaan anak kepada orang tua saat ini semakin marak. Kedurhakaan terjadi di berbagai daerah. Gambaran tersebut sangat tidak etis dalam sudut pandang Islam ataupun norma masyarakat. Perlu adanya pemahaman anak dan menantu supaya berbuat baik terhadap orang tua, salah satunya melalui film. Film yang dekat dengan realita sosial serta menggambarkan perilaku orang tua yang sudah lanjut usia adalah film “Meniti Senja”. Film bergenre drama komedi yang diproduksi oleh Bagian Humas Pemerintah Kota Tegal, disutradarai oleh Marjo Klengkam Sulam. Pemilihan teknik penyampaian pesan yang tepat dalam film akan berjalan efektif sehingga pesan yang dikirimkan dapat diterima dengan baik. Sehubungan dengan hal tersebut, peneliti merumuskan masalah: bagaimana teknik penyampaian pesan birrul walidain dalam film “meniti senja”?.
Penelitian bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan teknik penyampaian pesan birrul walidain dalam film “meniti senja”. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari dokumen berbentuk video film “meniti senja”. Teknik analisis data menggunakan analisis isi menurut Klaus Krippendorf, mengenai unit analisis yang akan diolah adalah dengan menganalisis teknik penyampaian pada film “Meniti Senja” yang mengandung pesan birrul walidain.
Hasil penelitian menunjukkan teknik penyampaian pesan dalam film meliputi audio dan visual yang menunjukkan pesan birrul walidain dalam tiga bentuk yaitu bersikap baik terhadap orang tua, memberi sesuatu dengan tidak menyakitkan, memberi perhatian terhadap orang tua

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Birrul walidain; Film; Penyampaian; Pesan; Teknik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:32
Last Modified: 27 Dec 2021 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14705

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics