Strategi komunikasi dalam program acara “Zona Qasidah” di radio PAS 101 FM Pati

Fauzi, Latifah Asma (2021) Strategi komunikasi dalam program acara “Zona Qasidah” di radio PAS 101 FM Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026076_LATIFAH_ASMA_FAUZI] Text (SKRIPSI_1701026076_LATIFAH_ASMA_FAUZI)
1701026076_Latifah Asma Fauzi_Naskah Lengkap - LATIFAH ASMA FAUZI UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan komunikasi menjadikan dakwah dapat dilakukan dengan berbagai macam media. Radio adalah salah satu media massa yang efektif dalam menyampaikan pesan termasuk pesan dakwah. Radio PAS FM merupakan salah satu radio swasta di Kabupaten Pati yang menyiarkan berbagai program acara. Sehubungan adanya radio sebagai media dakwah, Radio PAS FM Pati mempunyai peran penting dalam menyampaikan dakwah Islam. Hal tersebut ditunjukkan dengan program-program yang mengandung unsur keislaman, salah satu programnya yaitu program Zona Qasidah. Program radio sendiri merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah stasiun radio, apalagi dengan melihat perkembangan teknologi dan komunikasi yang terus mengalami peningkatan tentu menjadikan tantangan tersendiri bagi pengelola media penyiaran, terutama stasiun radio. Untuk itu perlu adanya strategi komunikasi yang baik agar dapat menarik pendengar dan tujuan yang diinginkan dapat tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi dalam program acara Zona Qasidah di Radio PAS 101 FM Pati. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer penelitian ini bersumber dari hasil observasi, dokumentasi, dan hasil wawancara dengan program director, station manajer, dan penyiar program Zona Qasidah di Radio PAS 101 FM Pati, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur buku, arsip, dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh radio PAS FM Pati dalam program Zona Qasidah adalah menyusun strategi komunikasi dengan cara mengenal sasaran khalayak (pendengar) terlebih dahulu yaitu melalui monitoring dan survey kepada masyarakat. Setelah mengetahui khalayak yakni menyusun materi siaran yang disesuaikan dengan berbagai tema yang sedang aktual. Selanjutnya adalah metode yang digunakan dalam program Zona Qasidah dalam penyiarannya menggunakan metode canalizing, informatif, dan edukatif. Kemudian untuk menjangkau sasaran khalayak secara luas, selain menggunakan radio, siaran streaming dapat juga dimanfaat sebagai media untuk menunjang program Zona Qasidah supaya lebih populer di kalangan pendengar. Selain itu Radio PAS FM juga melakukan strategi agar program Zona Qasidah berjalan dengan baik yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan (Controlling).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi; Program Zona Qasidah; Radio PAS FM; Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 28 Dec 2021 08:04
Last Modified: 28 Dec 2021 08:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14716

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics