Strategi penyampaian pesan dakwah radio Bass 93.2 FM Salatiga dalam program Bingkai Muslimah

Rahmawati, Luthfiana Ulfa (2021) Strategi penyampaian pesan dakwah radio Bass 93.2 FM Salatiga dalam program Bingkai Muslimah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701026022_LUTHFIANA_ULFA_RAHMAWATI] Text (SKRIPSI_1701026022_LUTHFIANA_ULFA_RAHMAWATI)
1701026022_Luthfiana Ulfa Rahmawati_Full Skripsi - Luthfiana Ulfa Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah strategi penyampaian pesan dakwah yang digunakan oleh radio Bass FM dalam program Bingkai Muslimah. Metode penelitan yang digunakan dalam skripsi ini yaitu metode penelitian kualitatif, dengan teknik mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui strategi penyampaian pesan dakwah yang digunakan oleh radio Bass dalam program Bingkai Muslimah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Bingkai Muslimah di radio Bass FM ini diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat. Mereka dapat mengetahui pemahaman terkait hal-hal yang berkaitan dengan muslimah khususnya mengenai problematika rumah tangga, hubungan antar keluarga, hubungan antar anak serta penyelesaiannya sesuai dengan Al-Qur’an dan sunnah Nabi SAW. Dengan mendengarkan program Bingkai Muslimah di radio Bass FM ini juga dapat menambahkan wawasan bagi masyarakat, mengetahui hal yang belum diketahui dan memberikan pengetahuan yang lebih. Dan dalam pelaksanaannya, program Bingkai Muslimah telah menjalankan strategi untuk menyampaikan pesan dakwah pada 5 (lima) aspek, yaitu : pertama yaitu pengenalan khalayak, memiliki target khalayak yaitu seluruh masyarakat yang umumnya adalah masyarakat Islam karena radio ini adalah radio dakwah Islam. Dalam program Bingkai Muslimah target pendengar yaitu adalah seluruh masyarakat muslim semua gender (laki-laki dan perempuan) dengan usia kisaran 20 tahun sampai dengan 55 tahun. Kedua yaitu memilih pesan yang akan disampaikan, Dalam program Bingkai Muslimah, memberikan pengetahuan seputar muslimah hingga persoalan rumah tangga dengan penyelesaiannya sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW. ketiga dengan metode, Bass FM selalu Memilih dan memilah materi yang akan disiarkan, radio ini sebagai radio dakwah berbeda dengan radio-radio lainnya yang memberikan hiburan berupa request lagu, radio ini menggantinya dengan request murottal dari para pendenegarnya, juga menggunakan metode dialog interaktif. keempat dengan media, tentunya Bass FM dalam menjalankan misi dakwahnya, menjadikan Radio sebagai media dalam berdakwah. Mengudara melalui frekuensi 93.2 FM yang disiarkan setiap hari selama 24 jam. Begitu juga program Bingkai Muslimah mengudara di Radio Bass FM setiap hari Kamis pukul 06.30 hingga 08.30 WIB. Kelima yaitu memilih komunikator, peran komunikator dalam strategi penyampaian pesan dakwah juga mempengaruhi keberhasilannya, dalam program Bingkai Muslimah, narasumber yang sebagai komunikator yaitu Ustadz Muhammad Qosim, Lc merupakan narasumber yang sudah ahli dalam bidang program ini

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Penyampaian pesan; Dakwah; Program
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 15 Dec 2021 11:29
Last Modified: 15 Dec 2021 11:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14728

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics