Reinforcement dalam kitab Saḥīh Al-Bukhāriy dan aktualisasinya dalam pendidikan akhlak

Nasirudin, Nasirudin (2021) Reinforcement dalam kitab Saḥīh Al-Bukhāriy dan aktualisasinya dalam pendidikan akhlak. Dr/PhD thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of DIsertasi_1400039059_Nasirudin_Disertasi Lengkap] Text (DIsertasi_1400039059_Nasirudin_Disertasi Lengkap)
DISERTASI NASIRUDIN - Dr. Nasirudin M.Ag..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang mendalam mengenai konsep pemberian reinforcement yang digunakan oleh Nabi SAW dalam menanamkan nilai-nilai akhlak kepada para sahabat dalam kitab Ṣaḥīḥ al-Bukhāriy dan aktualisasinya dalam pendidikan akhlak. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana konsep pemberian reinforcement yang digunakan Nabi SAW dalam menanamkan nilai-nilai akhlak kepada para sahabat dalam kitab Ṣaḥīḥ al-Bukhāriy. Kedua, bagaimana aktualisasi reinforcement Nabi SAW dalam pendidikan akhlak.
Jenis penelitian ini adalah kepustakaan dengan pendekatan kualitatif dan data penelitian berasal dari Ṣaḥīḥ al-Bukhāriy khususnya kitāb al-Adab. Fokus penelitiannya adalah reinforcement Nabi SAW kepada sahabat dan aktualisasinya dalam pendidikan akhlak. Analisis data meng¬gunakan deskriptif dan untuk memahami pengertian dan makna subtansi teks-teks hadis secara mendalam digunakan hermenuetika.
Temuan penelitian, pertama: konsep pemberian reinforcement yang digunakan Nabi SAW dalam menanamkan nilai-nilai akhlak kepada para sahabat dalam kitab Ṣaḥīḥ al-Bukhāriy adalah reinforcement dengan konten al- jazā` al-ilāhiy (balasan Tuhan), al-jazā` al-wijdāniy (balasan psikologis), al-jazā` al-ijtimā’iy (balasan sosial) dan al- jazā` al-ṭabi’iy (balasan alamaiah) dalam bentuk verbal berbagai ungkapan dan non verbal berbagai ekspresi dengan cara langsung dan tidak langsung di ruang terbatas dan publik sebagai manifestasi dari pendidik yang ideal.
Kedua, rinforcement Nabi SAW diaktualisasikan secara integral dalam bentuk verbal dan non verbal disampaikan secara langsung dan tidak langsung di ruang terbatas dan publik dalam proses pendidikan akhlak dengan berbagai ekspresi yang terkontrol dan ungkapan yang sesuai dengan peran pendidik dan kondisi peserta didik.

Item Type: Thesis (Dr/PhD)
Uncontrolled Keywords: Reinforcement; Hadis; Pendidikan akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor (S3) > 76003 - Studi Islam (S3)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:41
Last Modified: 07 Jan 2022 02:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14753

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics