Tradisi sesajen perkawinan untuk menjaga keharmonisan rumah tangga perspektif ‘urf: studi kasus di Desa Darupono Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal

Jaohari, Khoirul (2021) Tradisi sesajen perkawinan untuk menjaga keharmonisan rumah tangga perspektif ‘urf: studi kasus di Desa Darupono Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702016148_KHOIRUL_JAOHAR] Text (SKRIPSI_1702016148_KHOIRUL_JAOHAR)
1702016148_Khoirul Jaohari_Full Skripsi - Jaohari Khoir.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Salah satu fenomena yang terjadi di Kendal adalah tradisi sesajen perkawinan. Tradisi ini berawal dari kepercayaan masyarakat kepada Kyai dan Nyai Tulang Bawang yang diyakini warga sebagai pembabat Desa Darupono. Meskipun mayoritas beragama Islam, warga tetap melaksanakan tradisi sesajen perkawinan hingga saat ini. Mereka berkeyakinan bahwa jika tidak memberikan sesajen maka akan ada musibah yang menimpa salah satu pengantin atau keluarganya. Dalam penelitian ini terdapat dua rumasan msalah yaitu: 1) Bagaimana persepsi masyarakat tentang sesajen perkawinan untuk menjaga keharmonisan rumah tangga? 2) Bagaimana tinjauan ‘urf tentang tradisi sesajen perkawinan untuk menjaga keharmonisan rumah tangga?
Penelitian ini mengunakan penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Darupono Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara kepada tokoh masyarakat dan para pelaksana adat sesajen perkawinan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Untuk analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan. 1). Persepsi masyarakat terhadap tradisi sesajen perkawinan terbagi menjadi dua yaitu masyarakat yang meyakini bahwa pemberian sesajen hanyalah sebuah perantara, sedangkan yang dapat menghilangkan musibah hanyalah Allah SWT dan masyarakat yang meyakini bahwa dengan pemberian sesajenlah mereka dapat terhindar dari musibah. 2). Tinjauan ‘urf terhadap tradisi sesajen perkawinan terbagi menjadi dua yaitu ‘urf shahih bagi persepsi yang pertama dan termasuk ‘urf fasid bagi persepsi yang kedua

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tradisi sesajen; Perkawinan; ‘Urf.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 641 Food and drink
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 01:21
Last Modified: 18 Dec 2021 01:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14754

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics