Tinjauan hukum ekonomi Islam terhadap implementasi pasal 5 peraturan menteri sosial RI no 11 tahun 2018 tentang penyaluran bantuan pangan nontunai: studi kasus di Desa Wringinjajar Kecamatan Mranggen

Fajar, Rofiq Khoirul (2021) Tinjauan hukum ekonomi Islam terhadap implementasi pasal 5 peraturan menteri sosial RI no 11 tahun 2018 tentang penyaluran bantuan pangan nontunai: studi kasus di Desa Wringinjajar Kecamatan Mranggen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1402036124_Rofiq Khoirul Fajar_Skripsi Lengkap] Text (Skripsi_1402036124_Rofiq Khoirul Fajar_Skripsi Lengkap)
Rofiq Khoirul Fajar_HES_1402036124_SKRIPSI LENGKAP - rofiq khoirul fajar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Bantuan Pangan Non tunai adalah bantuan sosial yang disalurkan secara nontunai dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya melalui rekening bank selanjutnya digunakan untuk membeli bahan pangan yang di tentukan sebagaimana tertuang dalam pasal 5 Peraturan Menteri Sosial RI Tahun 2018 tentang Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), namun pada implementasinya di Desa Wringinjajar Kecamatan Mranggen tidak tepat sasaran karena banyak yang menerima program tersebut bukan dari keluarga harapan, hal ini sangat menyimpang dari konsep Hukum Ekonomi Islam karena tidak terpenuhi unsur pemerataan kesejahteraan ekonomi.
Rumusan masalah dalam penelitian inialah yang pertama, bagaimana implementasi pasal 5 Peraturan Menteri Sosial RI Tahun 2018 tentang Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Wringinjajar Kecamatan Mranggen. Yang kedua Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Implementasi Pasal 5 Peraturan Menteri Sosial RI Tahun 2018 Tentang Penyaluran Bantuan Pangan NonTunai di Desa Wringinjajar Kecamatan Mranggen.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan yuridis-normatif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi pasal 5 Peraturan Menteri Sosial RI Tahun 2018 tentang Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Wringinjajar Kecamatan Mranggen dilakukan melalui proses sosialisasi dan komunikasi dengan memberitahukan tentang adanya program tersebut, tujuan program dan tata cara pengambilan bantuan, menyiapkan sumber daya dengan melengkapi berbagai fasilitas yang terkait dengan program BNPT, proses penyaluran BPNT yang dilakukan melalui dengan mendata warga yang berhak mendapatkan bantuan, pembukaan rekening dan pemberian kartu combo sebagai uang elektronik, dan bantuan yang telah masuk dalam rekening penerima bantuan kemudian dibuat untuk melakukan pembelian sembako di E warung yang telah ditentukan sejumlah saldo yang ada di kartu combo. 2) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Implementasi Pasal 5 Peraturan Menteri Sosial RI Tahun 2018 Tentang Penyaluran Bantuan Pangan NonTunai di Desa Wringinjajar Kecamatan Mranggen pada dasarnya sesuai dengan hukum Islam karena prosesnya berdasarkan aturan, namun distribusi dari penyaluran program bantuan BNPT yang tidak tepat sasaran, dimana banyak warga yang termasuk dalam kategori mampu mendapatkan bantuan hal tersebut tidak sesuai dengan hukum Islam karena terjadi ketidakadilan dalam distribusi penyaluran bantuan BNPT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Ekonomi Islam; Implementasi; Pasal 5 Peraturan Menteri Sosial RI No 11 Tahun 2018; Penyaluran Bantuan Pangan Nontunai
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:43
Last Modified: 07 Jan 2022 02:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14763

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics