Strategi dakwah Jamilah (Jamaah Mingguan Muslimah) RISMA JT (Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah) dalam meningkatkan religiusitas jamaah

Safitri, Eka Alfiatus (2021) Strategi dakwah Jamilah (Jamaah Mingguan Muslimah) RISMA JT (Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah) dalam meningkatkan religiusitas jamaah. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036047_EKA_ALFIATUS_SAFITRI_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036047_EKA_ALFIATUS_SAFITRI_Lengkap)
SKRIPSI_1701036047_EKA_ALFIATUS_SAFITRI_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Eka Alfiatus Safitri (1701036047). Dengan skripsi berjudul: “Strategi Dakwah JAMILAH (Jamaah Mingguan Muslimah) RISMA JT (Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah) dalam Meningkatkan Religiusitas Jamaah”.
Pada hakikatnya strategi adalah perencanaan (planning) dan manajemen untuk mencapai suatu tujuan, strategi tidak hanya berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukkan arah jalan saja melainkan harus menunjukkan bagaimana tekniknya. Dengan adanya strategi dakwah ini dapat membantu keberlangsungan kegiatan JAMILAH (Jamaah Mingguan Muslimah) untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dakwah JAMILAH (Jamaah Mingguan Muslimah) RISMA JT dalam meningktakan pemahman keagmaan jamaah. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif karena data yang diperoleh diolah dan dijelaskan dalam deskripsi penulis. Dalam memperoleh data penulis menggunakan metode (1) observasi, (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: sumber data primer yaitu, hasil wawancara dengan ketua umum RISMA JT, majelis pertimbangan RISMA JT, sekertaris RISMA JT, ketua lembaga dakwah RISMA JT, ketua pelaksana JAMILAH dan beberapa jamaah JAMILAH, serta sumber data sekunder yang berasal dari dokumentasi kegiatan.
Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi dakwah yang dilakukan JAMILAH (Jamaah Mingguan Muslimah) dalam meningkatkan religiusitas jamaah yakni (1) Mengadakan majelis taklim rutinan setiap dua minggu sekali, (b) Pembacaan Maulid (Dziba’, Simtudduror, Adhiya Ulami’) dan diiringi oleh hadroh, (c) memberikan tema yang menarik, (d) Memberikan pola dakwah yang mendasar lebih umum dan dibutuhkan wanita dimasa kini.
Kata kunci: Strategi, Dakwah dan Religiusitas Jamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Dakwah; Religiusitas jamaah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 18 Dec 2021 01:57
Last Modified: 18 Dec 2021 01:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14807

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics