Implementasi manajemen dalam meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan di MTS Yajri Payaman Kecamatan Secang Kabupaten Magelang

Muhammad, Asas Danial (2021) Implementasi manajemen dalam meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan di MTS Yajri Payaman Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036105_ASAS_DANIAL_MUHAMAD] Text (SKRIPSI_1703036105_ASAS_DANIAL_MUHAMAD)
1703036105.AsasDanialMuhamad.SkripsiFull - Asas Danial muhamad.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan. Penelitian ini bertempat di MTs Yajri Payaman. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan pengamatan terlibat. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan dengan penarikan kesimpulan/verifikasi data.
Dari penelitian yang dilaksanakan membuahkan hasil: 1) Dalam perencanaan, dengan adanya rapat bulanan yang dipimpin oleh kepala madrasah MTs Yajri Payaman dan diikuti oleh pendidik dan tenaga kependidikan di MTs Yajri. Rapat dilaksanakan guna menentukan program peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan di MTs Yajri Payaman. Tujuan lain diadakannya rapat yaitu memberikan dorongan dan motivasi kepada pendidik yang belum sesuai dengan kualifikasi akademiknya agar melanjutkan studi lanjut yang linier. 2)Pelaksanaan kegiatan diskusi forum ilmiah seperti MGMP, workshop, diklat dan pelaksanaan in house training adalah bentuk dukungan kepada pendidik dan tenaga kependidikan agar dapat meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas. Serta upaya memenuhi kebutuhan administrasi berupa melanjutkan studi linier apabila belum memenuhi persyaratannya. Pemberian kelonggaran terhadap pendidik yang sedang melaksanakan studi lanjut dan juga memberikan surat tugas kepada pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengikuti kegiatan forum diskusi ilmiah diluar lingkup sekolah. 3)Proses evaluasi yang dilakukan berupa berbagi pengalaman dan ilmu yang didapat selama mengikuti kegiatan di luar madrasah. Kegiatan lain yang dilakukan yaitu tutor sebaya. Atau dengan pengaksesan melalui portal simpatika yang dapat digunakan untuk melihat kinerja guru dalam penelitian tindakan kelas yang disediakan oleh Kemenag.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Kualitas pendidik; Tenaga kependidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 02:02
Last Modified: 18 Dec 2021 02:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14820

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics