Manajemen humas dalam meningkatkan citra lembaga UIN Walisongo Semarang

Maidah, Al (2021) Manajemen humas dalam meningkatkan citra lembaga UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036101_AL_MAIDAH] Text (SKRIPSI_1703036101_AL_MAIDAH)
1703036101_AL MAIDAH_FULL SKRIPSI - Almaidah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perguruan tinggi dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik baik bagi publik. UIN Walisongo Semarang adalah perguruan tinggi yang mempu yang cukup baik. Namun UIN Walisongo masih kurang dikenal oleh masyarakat Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana perencanaan humas dalam meningkatkan citra? 2) Bagaimana pelaksanaan humas dalam meningkatkan citra? 3) Bagaimana evaluasi humas dalam meningkatkan citra?.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data atau pengecekan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan program kerja humas dalam meningkatkan citra antara lain: 1) Optimalisasi pengelolaan website, 2) Pengembangan konten media sosial, 3) Optimalisasi berita UIN Walisongo di media massa. Pelaksanaan program kerja humas antara lain: 1) Mengoptimalkan media website sebagai induk informasi UIN Walisongo, 2) Melakukan inovasi terhadap konten-konten yang akan dipublikasikan dengan menarik dan kreatif, 3) Membangun dan merawat jejaring dengan media massa Evaluasi humas dalam perencanaan dan pelaksanaan program kerja antara lain: 1) Media website mengalami penurunan jika dilihat dari survey webomatriks, 2) Media sosial mengalami peningkatan followers jika dilihat dari jumlah pengikut tahun sebelumnya, 3) Humas mempunyai relasi yang baik dengan media massa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen humas; Citra lembaga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 02:11
Last Modified: 18 Dec 2021 02:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14821

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics