Pengaruh persepsi pegawai tentang promosi dan mutasi jabatan terhadap motivasi kerja di kantor Kementerian Agama Kab. Kendal

Umam, Khoirul (2021) Pengaruh persepsi pegawai tentang promosi dan mutasi jabatan terhadap motivasi kerja di kantor Kementerian Agama Kab. Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036086_KHOIRUL_UMAM] Text (SKRIPSI_1703036086_KHOIRUL_UMAM)
1703036086_Khoirul Umam Tugas Akhir - Wiranto Shippuden TV.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sumber daya manusia merupakan bagian terpenting dalam mengembangkan organisasi atau instansi, karena dalam pelaksanaannya manusia sebagai perencana dan penentu akan terwujudnya suatu tujuan dalam organisasi. di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal motivasi kerja pegawai terhitung masih rendah ditandai dengan adanya sebagian pegawai yang datang tidak tepat waktu dan masih adanya beberapa pegawai pada saat jam kerja tidak berada dalam ruangan. Menurut Bajuri, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yakni dengan cara mengadakan program promosi jabatan, sehingga antar pegawai dapat lebih bersaing dalam hal kinerjanya. Seseorang pegawai dalam melakukan pekerjaannya juga tidak jarang mengalami fluktuasi yang disebabkan terlalu lamanya bekerja di satu unit pekerjaan, yang mengakibatkan terjadi kebosanan dan kejenuhan, sehingga salah satu cara yang dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal adalah dengan mengadakan program mutasi jabatan, untuk dapat mengatasi kejenuhan pegawai dalam pekerjaannya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan pengaruh secara simultan antara variabel promosi jabatan dan mutasi jabatan terhadap motivasi kerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal.
Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di Kantor Kementerian Agama Kab. Kendal yang berjumlah 49 pegawai. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yakni menggunakan seluruh populasi untuk dijadikan responden dalam penelitian. Sampel yang diperoleh sebanyak 45 responden karena ada sebagian responden yang sedang sakit sehingga tidak bisa mengisi kuesioner tersebut.. Alat analisis pada penelitian ini mengunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu program SPSS versi 16.0.
Hasil dari analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan secara parsial antara variabel promosi jabatan dan variabel mutasi jabatan terhadap motivasi kerja. dan terdapat pengaruh positif yang signifikan secara simultan antara variabel promosi jabatan dan mutasi jabatan terhadap motivasi kerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Promosi jabatan; Mutasi jabatan; Motivasi kerja
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Personnel management (Manajemen personalia, SDM)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 02:20
Last Modified: 18 Dec 2021 02:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14822

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics