Peran kepala madrasah dalam mengembangkan kurikulum tahfidzul qur’an pada kelas unggulan di MTs Negeri 1 Pemalang

Sari, Devi Novita (2020) Peran kepala madrasah dalam mengembangkan kurikulum tahfidzul qur’an pada kelas unggulan di MTs Negeri 1 Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503036051_DEVI_NOVITA_SARI] Text (SKRIPSI_1503036051_DEVI_NOVITA_SARI)
SKRIPSI_1503036051_DEVI_NOVITA_SARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

MTs Negeri 1 Pemalang adalah salah satu lembaga pendidikan tingkat pertama yang berdiri dibawah naungan Kementerian Agama. Kepala Madrasah ingin mengembangkan sebuah program yaitu pengembangan program Tahfizh. Secara teoritis penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi yang lebih mendalam terhadap keilmuan yang akan diteliti oleh penulis, dan juga bisa mengungkap apa saja peran kepala Madarasah dalam pengembangan program rumah tahfidzh, dan secara praktis, penelitian ini bertujuan: a) Untuk menganalisis, Bagaimana peran Kepala Madrasah dalam pengembangan kurikulum Program Tahfidzh di MTs negeri 1 Pemalang.; b)Untuk menganalisis Implikasi peran kepala madraah dalam mengembangkan kurikulum tahfidz di MTs Negeri 1 Pemalang; Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah peran kepala sekolah dalam mengembangkan Program tahfidzh di MTs Negeri 1 pemalang yaitu; 1) peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai pendidik; motivator, dan supervisor, dan 2)implikasi peran kepala madrasah dalam mengembangkan kurikulum tahfidz yaitu:dengan adanya program tersebut sekolah ini menjadi sekolah rujukan para orang tua.
Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pengajar, para peneliti dan para praktisi pendidikan terutama dalam meningkatkan peran kepala madrasah/sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran kepala madrasah dalam mengembangkan program tahfidzul Qur’an.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 18 Dec 2021 02:29
Last Modified: 18 Dec 2021 02:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14823

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics