Implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTS Nurul Islam Randudongkal Kabupaten Pemalang

Kamaliyah, Afifah (2021) Implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTS Nurul Islam Randudongkal Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036075_AFIFAH_KAMALIYAH] Text (SKRIPSI_1703036075_AFIFAH_KAMALIYAH)
1703036075_Afifah Kamaliyah_Full Skripsi - afifah kamaliah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum merupakan salah satu substansi manajemen madrasah yang sangat vital. Dengan demikian, kurikulum sebagai kunci dari pendidikan perlu dikelola dan diperhatikan. Sebab, hal ini berkaitan dengan penentuan tujuan, isi, serta proses pendidikan yang pada akhirnya menghasilkan pendidikan yang berkualitas apabila kurikulum tersebut mampu dikelola dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum di MTs Nurul Islam Randudongkal. Peneltian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif melalui studi lapangan yang dilakukan di MTs Nurul Islam Randudongkal. Adapun perolehan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan kurikulum di MTs Nurul Islam Randudongkal meliputi beberapa kegiatan di antaranya adalah rapat perencanaan pendidikan setiap menjelang tahun ajaran baru dengan melibatkan seluruh tenaga pendidik dan komite sekolah, merumuskan dan menentukan tujuan pendidikan, menetapkan bahan ajar, metode, dan strategi yang akan digunakan, serta menyusun rencana evaluasi. (2) Pelaksanaan pembelajaran di MTs Nurul Islam Randudongkal didukung oleh kemampuan tenaga pendidik yang mengajar, serta sarana dan prasarana yang memadai. (3) Evaluasi kurikulum di MTs Nurul Islam Randudongkal meliputi penilaian autentik yang dilihat pada aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Selain itu, pada proses evaluasinya menggunakan metode evaluasi pembelajaran, evaluasi bulanan dan evaluasi semester. Serta menggunakan evaluasi model CIPP untuk mengetahui konteks, masukan, proses hingga hasilnya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Impelementasi kurikulum; Manajemen kurikulum
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 04:11
Last Modified: 18 Dec 2021 04:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14825

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics