Manajemen strategik dalam penguatan pendidikan karakter religius-nasionalis di MTSn 2 Kendal dan MTs Muhammadiyah 1 Weleri

Pallevi, Rizal (2021) Manajemen strategik dalam penguatan pendidikan karakter religius-nasionalis di MTSn 2 Kendal dan MTs Muhammadiyah 1 Weleri. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1903038009_Rizal_Pallevi] Text (TESIS_1903038009_Rizal_Pallevi)
1903038009_TESIS RIZAL_Tugas Akhir - rizal pallevi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia adalah Negara dengan kemajemukan budaya dan agama. Hal ini merupakan kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Banyaknya pertikaian yang terjadi antar ummat beragama dan etnis akan berdampak pada rusaknya persatuan dan kesatuan bangsa. Pendidikan menjadi salah satu cara untuk menanamkan dan mengembangkan karakter dalam menjaga kemajemukan tersebut. Melalui Penguatan pendidikan karakter yang dilakukan khusunya karakter religius-nasionalis diharapkan dapat mencetak generasi yang berakhlak dan bermoral kebangsaan dalam lingkup revolusi mental. Tentunya hal tersebut membutuhkan sebuah manajemen strategi yang baik untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Tujuan dari Penelitian adalah 1) Untuk Mendiskripsikan Manajemen Strategik dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di MTs N 2 Kendal dan MTs Muhammadiyah Weleri. 3)Untuk Menganalisis perbandingan Manajemen Strategik dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di MTs N 2 Kendal dengan MTs Muhammadiyah Weleri.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (feld research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data akan di analisis menggunakan analisis deskriptif dan disajikan sesuai data dilapangan
Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) manajemen strategi Penguatan pendidikan karakter religius-nasionalis telah dijalankan di MTs N 2 Kendal dan MTs Muhammadiyah 1 Weleri. (2) manajamen strategi yang di terapkan dari kedua situs tersebut dapat dilihat dari persamaan dan perbedaannya. Temuan ini menjadi acuan bagi seluruh madrasah untuk melaksanakan manajemen strategi Penguatan pendidikan karakter religius-nasionalis kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen strategik; Penguatan pendidikan karakter; Religius; Nasionalis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 04:03
Last Modified: 18 Dec 2021 04:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14828

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics