Manajemen pemasaran produk jasa pendidikan pada SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu Kabupaten Brebes

Romadhon, Mohammad Syahrul (2021) Manajemen pemasaran produk jasa pendidikan pada SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036059_MOHAMMAD_SYAHRUL_ROMADHON] Text (SKRIPSI_1703036059_MOHAMMAD_SYAHRUL_ROMADHON)
1703036059_Mohammad Syahrul Romadhon_Lengkap Tugas Akhir - Mohammad Syahrul Romadhon.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi sebuah persaingan antar lembaga pendidikan swasta yang berlomba-lomba memasarkan jasa pendidikannya dengan keunggulan yang sekolah mereka miliki, hal tersebut harus diimbangi dengan manajemen pemasaran jasa pendidikan yang baik, jika tidak maka akan berdampak pada sekolah tersebut. Dampak yang paling buruk adalah sekolah tersebut bisa saja berhenti beroperasi atau tutup permanen.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Semua data dianalisis melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data.
Penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Perencanaan pemasaran produk jasa pendidikan pada SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu diawali dengan menetapkan tujuan yang berorientasikan pada kepuasan pelanggan. Selanjutnya mengetahui hambatan dan kemudahan. Berikutnya pengembangan pemasaran : penentuan produk, metode, pemetaan, anggaran. 2) Pengorganisasian pemasaran produk jasa pendidikan pada SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu yang pertama melakukan rincian pekerjaan : mencari data, penjadwalan, eksekutor. Selanjutnya pembagian pekerjaan dan mekanisme koordinasi. 3) Pelaksanaan pemasaran produk jasa pendidikan SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu diawali dengan pendekatan emosional dan sosial. Selanjutnya profesionalisme produk : prestasi, sarpras, stimulus. Berikutnya berinteraksi dengan konsumen, melakukan promosi : banner, brosur, sosialisai, kegiatan keagamaan, media sosial, jemput bola. Melakukan relasi dan konsolidasi. 4) Pengontrolan pemasaran produk jasa pendidikan pada SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu ialah penetapan standar, pengukuran kegiatan, kelebihan dan kekurangan pemasaran, perbaikan dan penguatan produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pemasaran; Jasa pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 03:16
Last Modified: 18 Dec 2021 03:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14830

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics