Ajaran Islam toleran dalam buku teks akidah akhlak Madrasah Aliyah: Study analisis isi

Maskanah, Eka (2021) Ajaran Islam toleran dalam buku teks akidah akhlak Madrasah Aliyah: Study analisis isi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of THESIS_1903018025_EKA_MASKANAH] Text (THESIS_1903018025_EKA_MASKANAH)
1903018025_Eka Maskanah_Full Tesis - EKA MASKANAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Buku teks merupakan buku wajib bagi siswa untuk dipelajari dan dibaca. Materi yang ada didalam buku teks sedikit banyak dapat mempengaruhi pemahaman dan cara berfikir pembacanya. Endingnya akan mempengaruhi tingkah laku mereka. Maka sangat dibutuhkan buku teks yang baik yang mendukung sebuah tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap konsep ajaran Islam toleran baik tekstual maupun visual yang terefleksikan dalam buku teks Akidah Akhlak dan urgensi ajaran Islam toleran dalam buku teks Akidah Akhlak Madrasah Aliyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis) jenis analisis isi yang digunakan adalah konseptual analisis. Analisis isi ini akan mencari kemudian menganalisis kata atau kalimat, gambar, narasi yang berorientasi ajaran Islam toleran yang dimunculkan dalam Buku Teks Akidah Akhlak Madrasah Aliyah. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa materi terkait ajaran Islam toleran sudah disajikan secara proporsional dan sesuai dengan tujuan pengembangan Pendidikan Agama Islam. Hal ini mengingat keseimbangan proporsi materi yang ada didalam buku teks Akidah Akhlak terkait ajaran islam toleran sangat dibutuhkan bagi perkembangan berfikir yang kemudian akan berakibat kepada cara bersikap peserta didik yang toleran dan moderat. Hal ini senada dengan tujuan dari diterbitkannya buku teks Akidah Akhlak Madrasah aliyah ini yang diharapkan dapat menanamkan pemahaman kearah Islam toleran dan moderat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Islam toleran; Buku teks; Content analysis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.61 Islamic leaders
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 03:44
Last Modified: 18 Dec 2021 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14841

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics