Bimbingan keagamaan dalam penyembuhan depresi di Pondok Pesantren Assetresiyah Darul Ubudiyah Sejati Dukuh Garuan Sejomulyo Juwana Pati

Sabila, Azmi (2021) Bimbingan keagamaan dalam penyembuhan depresi di Pondok Pesantren Assetresiyah Darul Ubudiyah Sejati Dukuh Garuan Sejomulyo Juwana Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701016150_AZMI_SABILA] Text (SKRIPSI_1701016150_AZMI_SABILA)
1701016150_AzmiSabila_SKRIPSI - azmi sabila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Bimbingan agama Islam merupakan suatu proses pemberian bantuan terhadap individu yang membutuhkan secara Islami yang didasarkan pada landasan Al-Quran dan Sunnah, bertujuan agar individu tersebut kembali kepada fitrahnya dan menjadi hamba yang bertaqwa kepada Allah. Penelitian ini didasari oleh pelaksanaan bimbingan agama Islam yang dilakukan oleh pengasuh Pondok Pesantren Assetresiyah Darul Ubudiyah Sejati dalam menyembuhkan santrinya yang mengalami gangguan depresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi santri depresi dan pelaksanaan bimbingan agama Islam dalam penyembuhan depresi di Pondok Pesantren tersebut.
Jenis penelitian ini adalah kualitataif deskriptif, dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus yang menitik beratkan pada studi lapangan secara faktual. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini diperoleh dari beberapa hal sebagai berikut; pertama, Kondisi depresi yang dialami oleh santri di Pondok Pesantren ialah depresi sedang dengan gejala-gejala melamun, menyendiri dan merasa putus asa. Faktor penyebabnya yaitu kurangnya ketaatan dalam beragama, terlilit hutang, dan tidak tercapainya cita-cita. Setelah mengikuti kegiatan bimbingan agama Islam kondisi depresi santri mengalami perubahan, diantaranya yaitu adanya motivasi hidup yang berkelanjutan serta rasa percaya diri dalam menjalani kehidupan dan bersosial dengan masyarakat. Kedua, upaya penyembuhan depresi yang diterapkan pondok pesantren melalui pelaksanaan bimbingan agama Islam yang dilakukan pengasuh diantaranya mandi taubat, sholat berjamaah, mengaji Al-Qur’an, mengaji kitab tauhid tashawuf, dzikir, dan sholawat. Pengaruh bimbingan agama Islam memiliki dampak positif yang sangat besar dalam penyembuhan santri depresi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan agama Islam; Penyembuhan depresi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 07:31
Last Modified: 18 Dec 2021 07:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14870

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics