Strategi sekolah dalam mempersiapkan akreditasi di MA Negeri 1 dan MA al-Khoiriyyah Kota Semarang

Farihah, Novita lailatul (2021) Strategi sekolah dalam mempersiapkan akreditasi di MA Negeri 1 dan MA al-Khoiriyyah Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703038044_NOVITA] Text (SKRIPSI_1703038044_NOVITA)
SKRIPSI_1703038044_NOVITA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya nilai akreditasi madrasah di beberapa daerah. Madrasah harus memiliki cara yang strategis dalam memempersiapkan keberhasilan akreditasi. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana strategi yang dilakukan MAN 1 Semarang dan MA Al-Khoiriyyah dalam mempersiapkan akreditasi? 2) Apa persamaan dan perbedaan strategi dalam mempersiapkan akreditasi di MA Negeri 1 dan MA Al-Khoiriyyah kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitan kualitatif lapangan. Datanya diperolah melalui metode wawancara terstruktur dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan studi kasus jenis multi situs dan analisis deskriptif melalui dua tahap yakni analisis data situs tunggal kemudian analisis data lintas situs.
Kajian ini menunjukan bahwa : Persiapan madrasah dalam mempersiapkan akreditasi di MAN 1 Semarang dan MA Al Khoiriyyah secara umum dilaksanakan dengan pengelolaan yang terencana. Strategi madrasah dalam melakukan persiapan akreditasi di MAN 1 Semarang dan MA Al Khoiriyyah dalam melengkapi instrumen akreditasi sebagai berikut: 1) Pembentukan Tim Penanggungjawab Akreditasi, 2) Pengisian instrumen akreditasi dan bukti fisik, 3) Pembagian tugas penanggungjawab standar, 4) Penguasaan bobot dan teknik penskoran, 5) Melakukan simulasi akreditasi. Perbedaan strategi pada kedua madrasah tersebut dalam pembagian tugas. Pada MAN 1 Tim Penanggungjawab akreditasi bertanggungjawab penuh dalam proses pengumpulan data dan bukti fisik instrument dengan dipantau oleh kepala madrasah. Sedangkan MA Al Khoiriyyah Kepala madrasah dan bagian administrasi ketatausahaan memegang kendali dalam pengumpulan data instrumen namun tetap bekerjasama dengan tim penanggungjawab delapan standar. Pada ada Temuan tersebut memberikan referensi bagi madrasah agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi akreditasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Sekolah; Akreditasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 18 Dec 2021 07:41
Last Modified: 18 Dec 2021 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14879

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics