Studi komparatif sistem perhitungan gerhana bulan pada volvelle inovasi dan ephemeris

Adityas, Putra Bagus (2021) Studi komparatif sistem perhitungan gerhana bulan pada volvelle inovasi dan ephemeris. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1502046063_Putra Bagus Adityas_SKRIPSI LENGKAP] Text (1502046063_Putra Bagus Adityas_SKRIPSI LENGKAP)
1502046063_Putra Bagus Adityas_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Salah satu instrumen prediksi gerhana Volvelle Inovasi yang merupakan hasil dari pengembangan instrumen klasik awal-18. Konsep yang digunakan pada instrumen ini adalah konsep rata-rata dari pergerakan matahari dan bulan, yaitu basis teori rata-rata jarak antar new moon, yaitu 29 hari 12 jam 44 menit, fungsi instrumen ini bukan sebagai instrumen observasi melainkan kalkulasi (perhitungan). Dalam hal ini penulis tertarik untuk membandingkan hasil Volvelle Inovasi dengan Ephemeris yang dimana instrumen ini masih menggunakan hisab haqiqi taqribi yang mana hasilnya masih berupa perkiraan dan masih mendekati kebenaran, sedangkan Ephemeris sudah menggunakan hisab kontemporer yang sudah di dasarkan pada peredaran bulan dan matahari setiap jam untuk mencari data-datanya. Data yang berbentuk tabel merupakan data yang sudah diperoleh dengan rumus matematika modern, sehingga hasilnya lebih akurat jika dibanding dengan hisab haqiqi lainnya.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana komparasi perhitungan gerhana bulan dalam Volvelle Inovasi dengan Ephemeris, dan bagaimana tingkat keakurasian Volvelle Inovasi dengan Ephemeris, jenis penelitian ini adalah jenis library research. Sumber data primernya adalah data yang diperoleh dari Volvelle Inovasi dan wawancara dan diskusi langsung dengan inovator Volvelle Inovasi yaitu Ehsan Hidayat. Data sekunder berupa dokumen-dokumen yang berhubungan dengan gerhana bulan. Data-data yang ada kemudian dianilis dengan pendekatan kualitatif yaitu berupa metode analisis isi dan analisis komparatif.

Adapun hasil dari penelitian ini adalah Volvelle Inovasi tergolong hisab haqiqi taqribi meskipun data yang dipakai bersumber dari data kontemporer Jean Meeus, namun tidak menggunakan koreksi apapun, jika dibandingkan dengan hisab kontemporer dalam hal ini adalah Ephemeris maka hasilnya masih dibawah hisab kontemporer, karena data-data yang digunakan hisab kontemporer ini lebih valid dan lebih akurat, dan dalam pengambilan datanyapun juga sudah menggunakan tabel yang sudah diprogram dalam komputer.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hisab; Gerhana Bulan; Volvelle Inovasi; Ephemeris
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences > 528 Ephemerides
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 19 Dec 2021 00:05
Last Modified: 19 Dec 2021 00:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14883

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics