Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran akidah akhlak secara online di MA Roudlotusssyubban Pati

Jazuli, M. Syaifuddin (2021) Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran akidah akhlak secara online di MA Roudlotusssyubban Pati. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1903018022_M.Syaifuddin_Jazuli] Text (TESIS_1903018022_M.Syaifuddin_Jazuli)
1903018022_M.Syaifuddin Jazuli_Lengkap Tugas Akhir-dikonversi - M. Syaifuddin Jazuli.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Keterlibatan siswa merupakan kerangka multi dimensi yang terdiri dari keterlibatan emosional, kognitif dan perilaku. Dimensi emosional mengacu pada perasaan memiliki sekolah, minat, persepsi nilai pembelajaran, reaksi positif dan negatif terhadap guru, teman sebaya, dan kegiatan sekolah. Dimensi kognitif merepresentasikan kualitas proses kognitif siswa dan strategi pembelajaran yang terkait dengan tugas sekolah. Aspek perilaku mewakili tindakan secara langsung di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran akidah akhlak secara online di MA Roudlotussyubban Pati. Hasil penelitian menunjukan proses pembelajaran akidah akhlak secara online di MA Roudlotussyubban Pati sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari segi perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran (yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup), metode yang digunakan dalam pembelajaran serta media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan bentuk keterlibatan siswa secara kognitif, perilaku dan emosional ini siswa dapat memperoleh hasil belajar yang optimal, pembentukan karakter dan kebahagiaan siswa ketika berada disekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan siswa; Pembelajaran online akidah akhlak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:59
Last Modified: 07 Jan 2022 02:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14886

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics