Pengembangan istiwa'aini sebagai instrumen penentuan arah kiblat berbasis teknologi

Ikbal, Muhammad (2021) Pengembangan istiwa'aini sebagai instrumen penentuan arah kiblat berbasis teknologi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1902048011_Muhammad_Ikbal] Text (TESIS_1902048011_Muhammad_Ikbal)
Tesis Full - 1902048011 - Muhammad Ikbal-dikonversi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Istiwa’aini merupakan Instrumen Ilmu Falak karya Slamet Hambali sebagai solusi dan pengganti theodolite yang dianggap alat penentu arah kiblat yang paling akurat dibandingkan instrumen yang lainnya. Istiwa’aini selain murah dan mudah didapat, pengukuran menggunakan Istiwa’aini ini sudah akurat dan layak digunakan, akan tetapi alat ini masih memiliki komponen-komponen yang sederhana sehingga memiliki beberapa kekurangan yang memicu akan terjadinya human eror. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan terhadap komponen-komponen tersebut agar alat ini bisa menjadi lebih sempurna saat diaplikasikan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1). Bagaimana Pengembangan Istiwa’aini Sebagai Instrumen Penentuan Arah Kiblat Secara Akurat? (2). Seberapa Besar Akurasi Penentuan Arah Kiblat Menggunakan Alat yang Berbasis Teknologi (Digital)?
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Development Research, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, verifikatif, dan komparatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Pengembangan Istiwa’aini sebagai instrumen penentuan arah kiblat berbasis teknologi (digital) dengan cara mengganti komponen-komponen yang sederhana pada Istiwa’aini menjadi komponen yang berbasis teknologi (digital) agar menjadi alat yang lebih canggih, efisien, dan akurat dalam penggunaannya. (2). Hasil uji akurasi menunjukkan bahwa Istiwa’aini berbasis teknologi yang dinamakan Qibla Digital Protractor sudah akurat dan sangat layak digunakan, karena keakuratannya mendekati instrumen theodolite yang harganya lumayan mahal dikalangan para pegiat ilmu falak. Akan tetapi masih terdapat beberapa kekurangan dalam praktiknya, meskipun demikian alat ini bisa difungsikan sebagai instrumen alternatif penentuan arah kiblat dengan harga Istiwa’aini dan keakuratan yang mendekati theodolite.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Istiwa’aini; Arah kiblat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 50102 - Ilmu Falak (S2)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:07
Last Modified: 12 Feb 2022 02:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14892

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics