Tinjauan hukum Islam terhadap praktik distribusi zakat fitrah secara merata: studi kasus di Dusun Wonorejo Desa Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik

Suryanullah, Ilham Wahyudi (2021) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik distribusi zakat fitrah secara merata: studi kasus di Dusun Wonorejo Desa Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1602036013_ILHAM_WAHYUDI_SURYANULLAH] Text (SKRIPSI_1602036013_ILHAM_WAHYUDI_SURYANULLAH)
REVISI SKRIPSI ILHAM WAHYUDI S. (1602036013)-1 - Ilham Wahyudi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Zakat fitrah merupakan zakat jiwa (zakat al-nafs) yaitu kewajiban berzakat bagi setiap individu baik untuk orang yang sudah dewasa maupun belum dewasa dan dibarengi dengan ibadah puasa (shaum). Zakat hanya boleh diberikan kepada orang-orang yang berhak menerima zakat (mustahik zakat) atau 8 golongan asnaf dan tidak boleh diberikan kepada selain mustahik zakat sesuai yang sudah ditetapkan dalam hukum Islam. Sedangkan yang terjadi di Dusun Wonorejo praktik pendistribusian zakat fitrah dibagikan secara merata kepada seluruh masyarakat baik diperuntukkan kepada golongan mustahik zakat dan masyarakat lainnya yang bukan termasuk golongan mustahik zakat. Pendistribusian zakat fitrah secara merata jelas bertentangan dengan ketentuan hukum Islam karena zakat harus dibagikan kepada mustahik zakat atau 8 golongan asnaf. Praktik pendistribusian zakat fitrah secara merata di Dusun Wonorejo sudah dilakukan sejak lama secara turun menurun dan sudah menjadi kebiasaan (urf) sehingga praktik tersebut sampai saat ini masih diterapkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana faktor yang melatarbelakangi pendistribusian zakat fitrah secara merata di Dusun Wonorejo Desa Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik? 2). Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pendistribusian zakat fitrah secara merata di Dusun Wonorejo Desa Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik?.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Hukum normatif-empiris (gabungan). Sumber data primernya yaitu hasil observasi dan wawancara dengan takmir masjid, panitia zakat, perangkat Dusun dan masyarakat Dusun Wonorejo. Sedangkan data sekundernya berasal dari Al-Qur’an, Hadist, buku-buku, hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan judul penelitian ini. Adapun metode pengumpulan datanya dengan interview (wawancara) dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Faktor yang melatarbelakangi pendistribusian zakat fitrah secara merata di Dusun Wonorejo, dilatarbelakangi oleh kondisi perekonomian masyarakat Dusun Wonorejo yang dulunya belum berkembang dan masuk dalam kategori mustahik zakat sehingga disamping membayar zakat mereka juga menerima zakat, pembagian zakat dilakukan secara merata bertujuan untuk mencegah adanya kecemburuan sosial dan menjaga kerukunan sesama warga. 2). Pendistribusian zakat fitrah secara merata yang ada di Dusun Wonorejo menurut tinjauan hukum Islam bahwasanya praktik tersebut menyalahi aturan yang ada dalam hukum Islam dan jika berpatokan pada hukum adat kebiasaan masyarakat, maka termasuk (urf fasid) atau kebiasaan yang menjadi tradisi masyarakat secara turun menurun yang bertentangan dengan dalil syara’ sehingga tidak boleh diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat fitrah; Distribusi; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:34
Last Modified: 07 Jan 2022 03:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14936

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics