Analisis hukum ekonomi Islam terhadap praktik zakat perdagangan: studi kasus pengusaha rumah makan di Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali

Arandita, Pipin Aska (2021) Analisis hukum ekonomi Islam terhadap praktik zakat perdagangan: studi kasus pengusaha rumah makan di Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702036022_PIPIN_ASKA_ARANDITA] Text (SKRIPSI_1702036022_PIPIN_ASKA_ARANDITA)
1702036022_Pipin Aska_Full Skripsi - Pipin Aska arandita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan zakat perdagangan oleh pengusaha Rumah makan di Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali umumnya hanya memperkirakan jumlah zakat perdagangan yang mereka keluarkan, selain itu penghitungan tersebut dilakukan sewaktu-waktu, hal ini memungkinkan ke tidaktepatan mereka dalam mengeluarkan zakat. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti merumuskan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana Praktik Zakat Perdagangan oleh pengusaha Rumah makan di Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali?. 2) Bagaimana analisis hukum ekonomi islam terhadap praktik zakat perdagangan oleh pengusaha Rumah makan di Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali?
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Dalam penelitian hukum, jenis penelitian ini disebut dengan penelitian normatif empiris. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data. Kemudian data dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian ini bahwa: 1) Praktik zakat perdagangan yang dilakukan oleh pengusaha Rumah makan di Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali dilakukan tanpa memperhatikan syarat dan ketentuan zakat perdagangan, yakni hanya berdasarkan perkiraan mereka sehingga zakat yang dikeluarkan tidak sesuai dengan kadar zakat yang seharusnya dikeluarkan. 2) Analisis hukum ekonomi islam terhadap praktik zakat perdagangan oleh pengusaha Rumah makan dari enam narasumber, yang telah mengeluarkan zakat tepat sesuai dengan rukun dan syarat zakat hanya Bapak Amirrudin, sedangkan zakat yang dilakukan pemilik rumah makan lainnya berdasarkan analisis penulis tidak sah karena tidak memenuhi syarat zakat perdagangan yaitu haul

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum ekonomi Islam; Zakat perdagangan; Rumah makan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:43
Last Modified: 10 Jan 2022 07:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14943

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics