Studi analisis Kitab tarjamah Juz ‘Amma karya KH. Zaeni Ilyas, Rawalo, Banyumas

Akyasi, Islahia Al (2021) Studi analisis Kitab tarjamah Juz ‘Amma karya KH. Zaeni Ilyas, Rawalo, Banyumas. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1704026145_Islahia_Al_Akyasi] Text (SKRIPSI_1704026145_Islahia_Al_Akyasi)
1704026145_Islahia Al Akyasi_Lengkap Tugas Akhir - santri Pesawahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang metodologi, corak dan aspek lokalitas dalam kitab Tarjamah Juz ‘Amma karya KH. Zaeni Ilyas. Kitab Tarjamah Juz ‘Amma karya KH. Zaeni Ilyas merupakan salah satu kitab yang menampilkan beberapa kearifan lokal Nusantara di dalamnya. Maka dari itu, penulis meneliti kitab ini dengan mengangkat judul “Studi Analisis Kitab Tarjamah Juz ‘Amma Karya KH. Zaeni Ilyas Rawalo, Banyumas” sebagai ungkapan bahwa fokus pembahasan dalam penelitian ini merupakan kitab Tarjamah Juz ‘Amma karangan KH. Zaeni Ilyas. Penelitian ini penulis fokuskan pada dua permasalahan, yaitu; pertama, Latar Belakang, Metode dan corak penafsiran dalam kitab Tarjamah Juz ‘Amma karya KH. Zaeni Ilyas, kedua, Unsur lokalitas yang terkandung di dalam kitab Tarjamah Juz ‘Amma karya KH. Zaeni Ilyas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan atau library research. Penulis menggunakan pendekatan deskriptif analitis untuk menganalisis penelitian ini. Dalam metode pengumpulan data, Pertama, penulis menentukan tokoh dan objek yang akan menjadi fokus dalam penelitian, Kedua, penulis mencari, mengumpulkan dan menyeleksi data yang berkaitan, Ketiga, penulis mengklasifikasi data dengan membaca secara keseluruhan karya tafsirnya. Keempat, data tersebut secara cermat akan penulis kaji menggunakan metode deskriptif. Kelima, penulis paparkan aspek-aspek penting yang menjadi bagian dari metode dan corak penafsiran serta unsur lokalitas dalam kitab Tarjamah Juz ‘Amma dan menganalisisnya secara komprehensif. Untuk metode analisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif, analisis isi dan hermeneutika. Sedangkan untuk proses analisis data, penulis menggunakan reduksi data, verifikasi data, penyajian data dan kesimpulan.
KH. Zaeni Ilyas menulis kitab Tarjamah Juz ‘Amma sebagai bentuk kecintaan beliau terhadap ilmu. Selain itu, penulisan kitab Tarjamah Juz ‘Amma beliau tujukan untuk kepentingan masyarakat dan kelembagaan pondok pesantren yang diasuhnya. Dengan analisa yang cermat, penelitian ini dapat menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, metode yang digunakan oleh KH. Zaeni Ilyas merupakan metode ijma>li> dan bercorak ada>b al-ijtima>’I>. Sedangkan unsur lokalitas yang terdapat dalam kitab Tarjamah Juz ‘Amma meliputi aspek bahasa, penyajian dan kandungan; (1) ditulis dengan bahasa Jawa dan aksara pegon, (2) menggunakan makna gandul ala pesantren tradisional, (3) mengandung bahasa ngapak khas Banyumas dan menonjolkan sisi spiritual.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tarjamah; Juz Amma; Zaeni Ilyas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1225 Translations
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:28
Last Modified: 19 Feb 2022 07:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14945

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics