Praktik pembacaan Surah Yasin di majelis Al-Ghafur Desa Kertosari Kecamatan Ulujami Pemalang : studi living Qur’an

Isriyah, Eka Nandhifatul (2020) Praktik pembacaan Surah Yasin di majelis Al-Ghafur Desa Kertosari Kecamatan Ulujami Pemalang : studi living Qur’an. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504026148_EKA_NANDHIFATUL_ISRIYAH] Text (SKRIPSI_1504026148_EKA_NANDHIFATUL_ISRIYAH)
Tugas Akhir - caca_ id(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana praktik pembacaan surah Yasin yang digunakan untuk kegiatan berdzikir dan mempunyai khasiat yang luar biasa seperti untuk mengobati penyakit, memperlancar rezeki, pengabul segala hajat, dan penenang hati dan jiwa. Praktik kegiatan berdzikir melalui ayat al-Qur’an surah Yasin tersebut berada di Majelis Al-Ghafur desa Kertosari, kecamatan Ulujami, kabupaten Pemalang. Pokok masalah dalam penelitian ini dibagi ke dalam beberapa sub permasalahan, Bagaimana sejarah pembacaan surah Yasin di Majelis Al-Ghafur desa Kertosari kecamatan Ulujami Pemalang?, bagaimana makna dari parktik pembacaan surah Yasin di Majelis Al-Ghafur desa Kertosari kecamatan Ulujami Pemalang?, dan bagaimana makna parktik pembacaan surah Yasin di Majelis Al-Ghafur desa Kertosari kecamatan Ulujami Pemalang?
Bagaimana praktik pembacaan surah Yasin di Majelis Al-Ghafur ini mempunyai praktik yang unik yaitu dibaca sebanyak 28 kali, dilakukan pada tepat pukul dua belas malam setiap hari Selasa, dibaca tanpa penerangan apapun, menggunakan media air, dilakukan secara berjamaah, dan di pimpin oleh pengasuh Majelis Al-Ghafur sendiri disetiap kegiatannya.
Adapun makna yang terdapat dalam praktik pembacaan surah Yasin ini adalah merujuk pada teori Karl Mennheim tiga kategori makna yaitu makna obyektif sebagai bentuk keyakinan jamaah dan antusiasme, makna ekspresive sebagai amanat dan pengamalan ilmu agama yang dimiliki oleh praktisi serta kecintaannya ada surah Yasin dan makna dokumenter dilihat dari sisi sosial sebagai suatu kontribusi khazanah melestarikan al-Qur’an sebagai mukjizat.
Tujuan para jamaah mengikuti praktik pembacaan surah Yasin di Majelis Al-Ghafur diantaranya mengenai khasiat yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-sehari seperti sebagai pengobatan, memperlancar rezeki, tameng dari bahaya yang tidak terlihat (gaib), serta penenang hati dan jiwa yang pada dasarnya seorang manusia mempunyai kepenatan dalam kehidupan di dunia ini

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembacaan Surat Yasin; Living Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Feb 2022 07:36
Last Modified: 12 Feb 2022 07:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15114

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics