Analisis resepsi fungsional pembacaan wirid Surat Al-Waqi’ah di Jama’ah Pasar Waqi’ah Palebon Pedurungan Semarang

Mufaizah, Siti (2020) Analisis resepsi fungsional pembacaan wirid Surat Al-Waqi’ah di Jama’ah Pasar Waqi’ah Palebon Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504026162_SITI_MUFAIZAH] Text (SKRIPSI_1504026162_SITI_MUFAIZAH)
1504026161_Nur Halim Manshur_Lengkap Tugas Akhir - Nur Halim Manshur.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur‟an sejatinya merupakan kitab suci yang berisi ajaran- ajaran moral untuk menuntun manusia ke jalan yang lurus. Hanya saja, ketika al-Qur‟an di konsumsi oleh pihak publik, kitab tersebut mengalami pergeseran paradigma sehingga di resepsi dan di ekspresikan berbeda-beda sesuai dengan pengetahuan dan keyakinan masing-masing. Ekspresi tersebut tentu saja merupakan indikator konkret bahwa al-Qur‟an merupakan kitab suci yang senantiasa selaras dengan segala situasi dan kondisi. Model dan gaya resepsi tersebut bahkan kini terus di ekspresikan dan dilestarikan di Jama‟ah Pasar Waqi‟ah Palebon Pedurungan Semarang.
Dalam pembahasan penelitian ini, peneliti memfokuskan dalam resepsi al-Qur‟an yang ada di Jama‟ah Pasar Waqi‟ah Palebon Pedurungan Semarang. Hal ini berkaitan dengan teori yang digunakan peneliti, yakni teori resepsi al-Qur‟an. Dalam penelitian ini peneliti berusaha mengungkap bagaimana orang merespon, menerima, memanfaatkan ataupun menggunakan al-Qur‟an sebagai teks yang memiliki maknanya sendiri. Selain itu, peneliti juga berusaha mengungkapkan bagaimana praktik penggunaan al-Qur‟an sebagai dzikir sehari-hari.
Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan (Field Research). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode living Qur’an. Metode ini digunakan dengan tuuan untuk mengungkapkan praktik dzikir yang dilakukan di Jama‟ah Pasar Waqi‟ah Palebon Pedurungan Semarang. Dalam desainnya peneliti ini dirancang sebagai penelitian kualitatif. Oleh karena itu, untuk memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkannya dengan cara observassi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis deskriptif kualitatif yaitu analisis penelitian yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan suatu situasi tertentu yang bersifat formal secara sistematis dan akurat.
Hasil penelitian ini yaitu: Pertama, surat al-Waqi‟ah di Jama‟ah Pasar Waqi‟ah dipraktekan dengan di fungsikan sebagai dzikir dan wirid serta kegiatan dilakukan setelah sholat magrib dan untuk malam minggu dilakukan tengah malam bagi kaum laki-laki. Kedua, makna dari praktek pembacaan surat al-Waqi‟ah ini diyakini dengan barokah bacaannya mampu mempermudah datangnya rezeki. Resepsi yang ada di Jama‟ah ini termasuk dalam resepsi fungsional. Resepsi fungsional di jama‟ah ini di resepsi dengan teori Jauss yang dikenal dengan horizon harapan, teori Jauss ini lebih menitikberatkan pada sejarahnya yaitu harapan yang diinginkan oleh pembaca dari pembacaan surat al-Waqi‟ah ini adalah kemudahan dalam mencari rezeki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Resepsi fungsional; Pembacaan Al-Qur’an; Wirid; Jama’ah Pasar Waqi’ah Resepsi, Al-Qur’an, Jama’ah Pasar Waqi’ah Al-Qur'an; Jama'ah Pasar Waqi'ah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Feb 2022 07:43
Last Modified: 12 Feb 2022 07:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15117

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics