Pengaruh pelayanan dan promosi terhadap minat menggunakan produk pembiayaan mudharabah Bank Syariah : studi kasus masyarakat Kab. Demak

Anggriani, Elsa (2020) Pengaruh pelayanan dan promosi terhadap minat menggunakan produk pembiayaan mudharabah Bank Syariah : studi kasus masyarakat Kab. Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705036120_ELSA_ANGGRIANI] Text (SKRIPSI_1705036120_ELSA_ANGGRIANI)
1705036120_Elsa_Anggriani_Full_Skripsi. Revisi final - Elsa Anggriani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh pelayanan dan promosi perbankan syariah terhadap minat masyarakat Kab. Demak menggunakan produk pembiayaan mudharabah (studi kasus masyarakat Kab. Demak). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang dialami penulis ketika tinggal di Kab. Demak. Masyarakat didaerah tersebut mayoritas muslim dan memiliki mata pencaharian sebagai petani dan pedagang, namun mereka lebih memilih untuk melakukan pinjaman ke bank konvensional atau koperasi swasta untuk membiayai kegiatan usaha mereka. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui : 1) Apakah terdapat pengaruh pelayanan terhadap minat masyarakat Kab. Demak menggunakan produk pembiayaan mudharabah. 2) Apakah terdapat pengaruh promosi perbankan syariah terhadap minat masyarakat Kab. Demak menggunakan produk pembiayaan mudharabah. 3) Apakah terdapat pengaruh pelayanan dan promosi perbankan syariah secara bersama-sama terhadap minat masyarakat Kab. Demak menggunakan produk pembiayaan mudharabah.
Berdasarkan hasil dari output melalui SPSS versi 17.0 penelitian yang telah dilakukan di Kab. Demak mendapatkan data bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas dan variabel terikat, yaitu pelayanan (X1) dan promosi (X2) dengan minat menggunakan produk pembiayaan mudharabah (Y). Hal ini sesuai dengan pengujian nilai F hitung sebesar 60,857 dengan nilai signifikansi 0,000. Dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 dapat disimpulkan bahwa pelayanan dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat masyarakat Kab. Demak untuk menggunakan produk pembiayaan mudharabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelayanan; Promosi; Minat nasabah; Pembiayaan; Mudharabah; bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 04:00
Last Modified: 19 Feb 2022 04:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15137

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics