Analisis model pembelajaran predict observe explain (POE) dalam mata pelajaran biologi kelas XI di SMA/MA

Maghfiroh, Nailil (2020) Analisis model pembelajaran predict observe explain (POE) dalam mata pelajaran biologi kelas XI di SMA/MA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_133811030_Nailil_Maghfiroh] Text (SKRIPSI_133811030_Nailil_Maghfiroh)
133811030_Nailil Maghfiroh_Skripsi Lengkap - nailil maghfiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil studi penelitian sebelumnya dalam penerapan model pembelajaran POE (predict,observ,explain) pada pelajaran biologi. Model Pembelajaran POE menawarkan model pembelajaran yang efesien untuk menimbulkan ide atau gagasan siswa dan melakukandiskusidari ide mereka, bekerja dan belajar sesuai hakikat sains berupa penemuan. Dan pada proses penerapanya model pembelajaran POE (predict,observ,explain) harus melalui perencanaan perangkat yang dibutuhkan dalam penerapan model POE (predict,observ,explain) antara lain adalah modul, RPP, LKS dan tes. kemudian baru proses penerapan dari mulai prediksi (predict)observasi (observ) dan penjelasan (explain). Mata Pelajaran Biologi merupakan mata pelajaran yang menuntut siswa untuk berfikir rasional dan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan, penerapandan evaluasi model pembelajaran POE, dan mengetahui gambaran hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran POE pada mata pelajaranb iologi. Metode penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka. Teknik catat merupakan teknik pengumpulan data dengan cara menggunakan buku, literatur ataupun bahan pustaka. Hasil penelitian model pembelajaran POE (predict,observ,explain) efektif digunakan pada mata pelajaran biologi pada kelas XI SMA/MA hal ini dikarenakan model pembelajaran POE menuntut siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar menagajar dikelas bukan hanya mengandalkan penyampaian materi yang disampaikan guru di depan kelas. Hal ini dikarenakan guru meminta siswa untuk menggali pemahaman siswa dengan cara para siswa dituntut untuk melaksanakan 3 tugas utama yaitu prediksi(predict),observasi (observ), dan memberikan penjelasan(Explain).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Predict Observ Explain (POE); Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 04:04
Last Modified: 19 Feb 2022 04:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15140

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics