Pengembangan booklet pop up dengan model inkuiri untuk meningkatkan higher order thinking skills siswa kelas XI pada materi jaringan hewan

Suffah, Fella (2021) Pengembangan booklet pop up dengan model inkuiri untuk meningkatkan higher order thinking skills siswa kelas XI pada materi jaringan hewan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503086047_Fella_Suffah_Lengkap] Text (SKRIPSI_1503086047_Fella_Suffah_Lengkap)
1503086047_Fella Suffah_Full Skripsi - FELLA SUFFAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya jumlah sumber belajar yang menarik minat baca siswa dan dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian pengembangan ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik desain prototipe produk booklet yang sesuai terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), menjelaskan kelayakan, dan efektivitas produk booklet yang dihasilkan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4–D dikembangkan oleh Thiagarajan yang terdiri atas define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 16 Semarang tahun pelajaran 2020/2021. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji mann whitney dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan yang sudah dilakukan diketahui booklet pop up yang dikembangkan layak dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Dengan persentase penilaian kelayakan oleh ahli materi sebesar 87,80%, ahli media sebesar 88,80%, dan guru biologi sebesar 97,64%. Booklet dinilai efektif berdasarkan hasil penilaian angket efektivitas pada uji skala kecil sebesar 83% dan persentase pada uji skala besar adalah 89%. Serta berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji mann whitney dengan hasil Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan berdasarkan perbandingan hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,83 dengan hasil uji N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,56

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Meia pembelajaran; Booklet pop up; Higher Order Thinking Skills (HOTS); Inkuiri; Jaringan hewan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 04:28
Last Modified: 19 Feb 2022 04:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15149

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics