Nilai-nilai pendidikan islam dalam animasi nussa episode 1-5

Chofifah, Shofi Nur (2020) Nilai-nilai pendidikan islam dalam animasi nussa episode 1-5. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_133111063_SHOFI_NUR_CHOFIFAH] Text (SKRIPSI_133111063_SHOFI_NUR_CHOFIFAH)
SKRIPSI_133111063_SHOFI_NUR_CHOFIFAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Era saat ini, aktifitas pembelajaran tidak hanya dilakukan dengan media konvensional, namun telah menggunakan media-media lain seperti pada media sosial, salah satunya yaitu serial animasi Nussa yang diputar pada media sosial internet YouTube. Serial animasi yang tadinya hanya bersifat hiburan, kini dapat dijadikan pembelajaran yang ternyata amat diminati oleh penontonnya. Dengan aksi lucu dan kreatif dipadukan dengan padatnya nilai-nilai Islam di setiap episodenya tidak membuat bosan bagi para penontonnya.
Penelitian ini mempunyai fokus masalah yang mengulas apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam animasi Nussa. Jenis penelitian adalah kepustakaan atau library research, yang dilakukan dengan menghimpun dan menganalisis data yang bersumber dari perpustakaan. Metode analisis menggunakan analisis wacana Teun A. Van Dijk yang berupa teks, kognisi sosial, dan konteks sosial.
Hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat di dalam animasi Nussa episode 1-5 meliputi: nilai pendidikan keimanan ialah keyakinan dan percaya kepada Allah dalam kehidupan. Nilai pendidikan akhlak adalah perilaku atau kebiasaaan baik yang perlu diterapkan dan menghindari perilaku atau kebiasaan buruk dalam kehidupan. Nilai pendidikan sosial ialah interaksi sosial dalam kehidupan seperti silaturrahim, saling tolong menolong, dan berbagai hal yang berhubungan dengan kesosialan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai; Pendidikan islam; Nussa.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 05 Feb 2022 03:16
Last Modified: 05 Feb 2022 03:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15170

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics