Implementasi algoritma kriptografi advanced encryption standard pada sistem informasi Pondok Pesantren An-Najah

Huda, Ivvan Nuzulul (2021) Implementasi algoritma kriptografi advanced encryption standard pada sistem informasi Pondok Pesantren An-Najah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1508046027_Ivvan Nuzulul Huda] Text (Skripsi_1508046027_Ivvan Nuzulul Huda)
Skripsi_1508046027_Ivvan Nuzulul Huda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Di era yang sangat pesat perkembangan teknologi dan informasi, sistem informasi seperti hal wajib bagi suatu organisasi atau instansi. Sebab, sistem informasi dapat memberikan suatu nilai tambah terhadap produksi, pengambilan keputusan, kualitas, proses, manajemen, dan pemecahan masalah, serta keunggulan kompetitif yang berguna bagi kegiatan bisnis. Tidak dapat dipungkiri bahwa kerap keamanan dalam pembuatan sebuah sistem informasi selalu di urutan sehabis tampilan, padahal segi keamanan adalah jendela utama bagi sistem informasi untuk mengamankan data yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengamankan data pada sistem informasi pondok pesantren di kabupaten Sragen dengan menggunakan algoritma kriptografi Advanced Encryption Standard (AES).
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan modifikasi model pengembangan tiga langkah yaitu definisi, desain, dan develop atau pengembangan. Penguji ahli merupakan dosen matematika yang kompeten dalam bidan ilmu kriptografi dan pembuat dari sistem informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk dalam penelitian ini dinyatakan valid melalui uji validitas produk dengan kategori nilai “Sangat Baik”, praktis dalam mengimplementasikan ke dalam sistem informasi melalu uji kepraktisan produk dengan kategori nilai “Sangat Baik”, serta efektif yang diuji melalui uji keefektifan produk dengan kategori nilai “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi; Kriptografi; Advanced encyption standard
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 44201 - Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 19 Feb 2022 06:57
Last Modified: 19 Feb 2022 06:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15189

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics