Analisis strategi fundraising Lembaga amil zakat, Infaq, Sodaqoh Muhammadiyah (LAZIZMU) Kendal dalam perspektif ekonomi Islam

Amarsah, Faisal (2020) Analisis strategi fundraising Lembaga amil zakat, Infaq, Sodaqoh Muhammadiyah (LAZIZMU) Kendal dalam perspektif ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505026093_FAISAL_AMARSAH_Lengkap] Text (SKRIPSI_1505026093_FAISAL_AMARSAH_Lengkap)
1505026093_Faisal Amarsah_Lengkap Tugas Akhir - Ndog Unto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Fundraising adalah kegiatan menghimpun dana dari masyarakat yang dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat seperti Lazismu Kendal. Dalam kegiatan fundraising ada beberapa permasalahan yang dialami Lazismu Kendal seperti kurangnya pemahaman masyarakat mengenai zakat, banyaknya masyarakat yang tidak mengetahui keberadaan Lazismu dan kesan bahwa Lazismu hanya untuk kepentingan dilingkup Muhammadiyah. Maka dari itu penulis ingin mengetahui Bagaimana Strategi Fundraising Lembaga Amil Zakat, Infaq, Sodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Kendal dalam Perspektif Ekonomi Islam dan Bagaimana Hasil dari Strategi Fundraising yang diterapkan Lazismu Kendal.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Sumber data yang penulis gunakan untuk menunjang penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui proses wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini menunjukan hasil bahwa strategi fundraising yang diterapkan oleh Lazismu Kendal dalam menghimpun dana zakat, infaq dan sodaqoh sesuai dengan anjuran Islam, yaitu memberitahukan kepada masyarakat mengenai kewajiban berzakat. Terdapat dua metode fundraising, yaitu strategi fundraising secara langssung (Direct Fundraising) dan strategi fundraising tidak langsung (Indirect Fundraising). Strategi fundraising secara langsung lebih besar hasilnya dan lebih sering digunakan untuk menghimpun dana, tetapi strategi secara langsung tidak bisa lepas dari strategi fundraising tidak langsung. Tanpa kedua strategi ini proses menghimpun dana tidak akan membuahkan hasil yang memuaskan, karena kedua strategi ini sama-sama sebagai pennunjang dalam menghimpun dana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Fundraising; Zakat; Infaq dan sodaqoh
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 07:12
Last Modified: 19 Feb 2022 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15198

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics