Pengaruh persepsi perilaku konsumen Islam, kemudahan, dan kemanfaatan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO : studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Setiyawati, Diyah (2020) Pengaruh persepsi perilaku konsumen Islam, kemudahan, dan kemanfaatan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO : studi pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505026105_DIYAH_SETIYAWATI] Text (SKRIPSI_1505026105_DIYAH_SETIYAWATI)
1505026105_Diyah Setiyawati_Full Skripsi - Diyah Setiyawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Uang elektronik atau e-money merupakan alat pembayaran non tunai sebagai sarana dalam suatu kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan teknologi mendorong adanya pergerakan lebih cepat dan efisien. Munculnya uang elektronik mempengaruhi sikap perilaku konsumen. Sebagai mahasiswa yang hidup di lingkungan kampus UIN Walisongo, kegiatan konsumsi setiap individu dibatasi oleh kebutuhan dan keinginan. Seorang muslim harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, karena Allah SWT melarang sesuatu yang berlebihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh perilaku konsumen islam, persepsi kemudahan, dan persepsi kemanfaatan terhadap minat menggunakan uang elektronik (aplikasi OVO). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa UIN Walisongo yang menggunakan uang elektronik OVO dengan sampel sebanyak 100 mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 21.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel perilaku konsumen islam tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO dikarenakan nilai thitung 0,224 lebih kecil dari ttabel 1,986 (0,224 < 1,986) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,823 lebih besar daripada 0,05 (0,823 > 0,05). Variabel persepsi kemudahan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO dikarenakan thitung 3,362 > 1,986 dan p-value 0,001 < (α) 0,05. Variabel persepsi kemanfaatan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan uang elektronik OVO dikarenakan thitung 5,650 > 1,986 dan p-value 0,000 < (α) 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Uang elektronik; OVO; Perilaku konsumen Islam; Persepsi kemudahan; Persepsi kemanfaatan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.4 Uang
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 07:33
Last Modified: 19 Feb 2022 07:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15211

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics