Analisis dampak pembangunan tol Trans Jawa Semarang-Batang terhadap pendapatan UKM Pedagang Keliling : studi kasus di wilayah Ngaliyan Semarang

Yoga, Elang Jantindra (2020) Analisis dampak pembangunan tol Trans Jawa Semarang-Batang terhadap pendapatan UKM Pedagang Keliling : studi kasus di wilayah Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505026103_ELANG_JANTINDRA_YOGA] Text (SKRIPSI_1505026103_ELANG_JANTINDRA_YOGA)
1505026103 ELANG JANTINDRA YOGA SKRIPSI FULL ELANG - Elang Jantindra.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana cara pedagang keliling yang terkena dampak pembangunan tol Semarang-Batang di Perum Sulanji Ngaliyan dapat bertahan setelah sebagian tempat sarana umum dan pemukiman tempat tinggal pelanggannya di relokasi. Berbagai cara dan upaya yang di lakukan oleh para pedagang keliling untuk tetap bertahan dan penyesuaian strategi yang dilakukan agar penghasilan usaha dagangannya tetap berjalan. Karena dalam penyesuaian dan mengatur ulang strategi dagang itu tidaklah mudah.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu menganalisis sumber data yang sudah terkumpul mengenai bagaimana pengembangan usaha atau diversifikasi yang dilakukan pedagang keliling. Penelitian ini dilakukan kepada pedagang keliling yang terkena dampak pembangunan jalan tol Semarang Batang di perum Sulanji Ngaliyan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara (interview), observasi, dokumentasi, dan data sekunder.
Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa mayoritas pedagang keliling tersebut mengalami kerugian dikarenakan hilangnya sarana dan prasarana yang menunjang mereka dalam memenuhi pendapatan sebagian telah terelokasi, seperti tempat sekolah, tempat ibadah yang biasa digunakan untuk kegiatan mengaji oleh anak-anak dan pemukiman warga yang menjadi tempat tinggal mayoritas pelanggan-pelanggan lama para pedagang tersebut.Tetapi terdapat beberapa pedagang yang sudah menerapkan penyesuaian strategi dagang baru seperti; memanfaatkan alat komunikasi, penyesuaian daerah tempat baru, dan mencoba memulai bisnis usaha lain.
Saran yang direkomendasikan penulis adalah Untuk para pedagang keliling seharusnya mempunyai wadah sebagai organisasi atau paguyuban sabagai sarana komunikasi antar sesama pedagang keliling yang bisa dijadikan ajang diskusi dan bisa bersinergi langsung kepada pemerintah tentang pengelolaan lahan khusus untuk tempat berkumpul para pedagang-pedagang sektor informal dalam memasarkan dagangannya, menjadi seperti tempat seperti festival kuliner/bazaar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendapatan UKM; Pedagang keliling ; Dampak pembangunan; Jalan tol; Trans Jawa; Strategi dagang
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 07:36
Last Modified: 19 Feb 2022 07:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15212

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics