Pengaruh aksesibilitas dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung di bank syariah: studi pada Komunitas Sahabat Difabel (KSD) Semarang tahun 2020

Rofiq, Achmad (2021) Pengaruh aksesibilitas dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung di bank syariah: studi pada Komunitas Sahabat Difabel (KSD) Semarang tahun 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505036025_ACHMAD_ROFIQ_Lengkap] Text (SKRIPSI_1505036025_ACHMAD_ROFIQ_Lengkap)
1505036025_ACHMAD ROFIQ_Full Skripsi - achmad rofiq(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penilitian ini membahas tentang pengaruh aksesibilitas dan persepsi kualitas pelayanan terhadap minat menabung di perbankan syariah studi pada komunitas sahabat difabel (KSD) Semarang. Perbankan syariah di Indonesia berkembang sangat pesat dan menjangkau berbagai kalangan nasabah, tetapi masih ada beberapa kelompok nasabah yang kesulitan mengakses diantaranya nasabah berkebutuhan khusus atau disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aksesibilitas dan persepsi kualitas pelayanan terhadap minat menabung di perbankan syariah di Indonesia pada nasabah disabilitas. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah angota komunitas sahabat difabel semarang. Sampel yang digunakan adalah anggota komunitas sahabat difabel semarang yang memenuhi kriteria persyaratan pengambilan sampel dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik. Hasil menunjukkan secara simultan kedua variabel berpengaruh terhadap minat menabung di perbankan syariah, dan secara parsial Aksesibilitas berpengaruh signifikan positif terhadap minat menabung di perbankan syariah, sedangkan persepsi kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan negatif terhadap minat menabung diperbankan syariah. Perusahaan perbankan syariah dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah disabilitas agar nasabah disabilitas dapat mengakses dan menikmati pelayanan perbankan syariah seperti yang lain

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aksesibilitas; Persepsi kualitas pelayanan; Minat menabung; Difabel
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 19 Feb 2022 07:43
Last Modified: 19 Feb 2022 07:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15215

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics