Pengaruh persepsi, kepercayaan dan perilaku dosen terhadap loyalitas penggunaan produk perbankan syariah: studi kasus dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Al’ghivany, Tifa Firly (2020) Pengaruh persepsi, kepercayaan dan perilaku dosen terhadap loyalitas penggunaan produk perbankan syariah: studi kasus dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505036070_TIFA_FIRLY_AL’GHIVANY_Lengkap] Text (SKRIPSI_1505036070_TIFA_FIRLY_AL’GHIVANY_Lengkap)
1505036070_Tifa Firly AL_ghivany_Lengkap Tugas Akhir - Tifa Firly Al ghivany.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (732kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh persepsi, kepercayaan dan perilaku dosen terhadap loyalitas penggunaan produk perbankan syariah (studi kasus dosen fakultas ekonomi dan bisnis islam universitas islam negeri walisongo semarang). Penelitian ini menggunakan 41 data responden dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang yang sedang atau pernah menjadi nasabah bank syariah. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran yaitu skala Likert dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan metode analisa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R Square) dan uji regresi berganda.
Persepsi pada dosen FEBI memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas produk bank syariah. Dapat dilihat dari hasil data diketahui nilai uji statistik T dengan nilai t-hitung sebesar 3,188 sedangkan nilai t-tabel 2,028, dapat disimpulkan bahwa t-hitung 3,188 > 2,028 dan nilai signifikannya adalah 0,003, dimana nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Artinya semakin besar persepsi seseorang terhadap produk perbankan syariah maka semakin tinggi pula tingkat loyalitas yang mereka miliki.
Kepercayaan pada dosen FEBI memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas produk bank syariah. Hasil dari data yang diolah menunjukkan nilai uji statistik T dengan nilai t-hitung sebesar 2,194 sedangkan nilai t-tabel 2,028, dapat disimpulkan bahwa t-hitung 2,194 > 2,028 dan nilai signifikannya adalah 0,035, dimana nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Artinya semakin besar tingkat kepercayaan yang dimiliki seseorang maka tingkat loyalitas yang mereka miliki akan semakin tinggi
Perilaku pada dosen FEBI memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas produk bank syariah. Hasil dari data yang diolah diketahui nilai uji statistik T dengan nilai t-hitung sebesar 2,466 sedangkan nilai t-tabel 2,028, dapat disimpulkan bahwa t-hitung 2,466 > 2,028 dan nilai signifikannya adalah 0,019, dimana nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Artinya semakin baik perilaku yang ditunjukkan seseorang maka tingkat loyalitas yang mereka miliki akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Kepercayaan; Perilaku dan loyalitas; Bank Syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:21
Last Modified: 22 Feb 2022 04:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15218

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics