Analisis pengaruh rasio profitabilitas dan eksistensi DPS terhadap pengeluaran zakat pada bank pembiayaan rakyat syariah di Jawa Timur

Al Ikromah, Roudhotul Fitriyah (2020) Analisis pengaruh rasio profitabilitas dan eksistensi DPS terhadap pengeluaran zakat pada bank pembiayaan rakyat syariah di Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1505046053_ROUDHOTUL FITRIYAH_AL_IKROMAH] Text (SKRIPSI_1505046053_ROUDHOTUL FITRIYAH_AL_IKROMAH)
1505046053_ROUDHOTUL FITRIYAH A.I_Lengkap Tugas Akhir - Roudhotul Fitriyah Al Ikromah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Berkembangnya bank syariah di Indonesia juga mendorong perkembangan lembaga keuangan syariah lainnya salah satunya adalah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Sebagai Bank Syariah sudah seharusnya Bank Pembiayaan Rakyat Syariah mengeluarkan zakat sesuai dengan aturan Islam dan aturan perundang-undangan sehingga tujuan kemaslahatan dan keberkahan dapat dicapai. Namun demikian, pada kenyataannya dalam data yang ada tidak semua BPRS mengeluarkan zakatnya.
Tujuan dalam penelitian ini dalah untunk mengetahui seberapa besar pengaruh 1.) Rasio Profitabilitas terhadap pengeluaran zakat dan 2.) Eksistensi DPS terhadap pengeluaran zakat pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Jawa Timur.
Metodologi dalam Penelitian ini yaitu menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dan sumber data sekunder. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh BPRS di Jawa Timur yang berjumlah 33. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel non-probability sampling dengan purposive sampling yaitu penarikan sampel berdasarkan karakteristik yang telah disesuaikan dengan penelitian kemudian didapatkan sampel sejumlah 7 BPRS. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan 3 tahap yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas, dan analisis akhir yaitu analisis regresi linier berganda, uji signifikansi F, uji signifikansi T dan koefisien determinasi (R Square).
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, variabel return on asset berpengaruh positif signifikan terhadap variabel zakat dengan nilai signifikansi 0.046 < 0.05. variabel eksistensi DPS berpengaruh positif signifikan terhadap variabel zakat dengan nilai signifikansi 0.001 < 0.05. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R Square) menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah 29.6% sedangkan sisanya 70.4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Dewan Pengawas Syariah; Pengeluaran zakat; Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:44
Last Modified: 23 Feb 2022 02:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15232

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics