Informasi kesehatan reproduksi (Kespro) dan seksualitas remaja di media sosial : studi akun Instagram @tabu.id

Auliani, Nia (2020) Informasi kesehatan reproduksi (Kespro) dan seksualitas remaja di media sosial : studi akun Instagram @tabu.id. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1506026008_NIA_AULIANI] Text (SKRIPSI_1506026008_NIA_AULIANI)
1506026008_Nia Auliani_Full Skripsi - Nia Auliani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Minimnya informasi kesehatan reproduksi dan seksualitas remaja diasumsikan sebagai penyebab dari akar permasalahan angka kehamilan yang tidak diinginkan, tingginya angka remaja laki-laki yang aktif secara seksual, HIV, dan AIDS. Berdasarkan kondisi remaja yang sangat memprihatinkan tersebut, keberadaan akun Instagram @tabu.id menyediakan aneka kebutuhan informasi kesehatan reproduksi dan seksualitas remaja di media sosial yang dapat memiliki makna dalam pembukaan wawasan bagi remaja untuk memperoleh pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan seksualitas remaja secara tepat.
Penelitian informasi kesehatan reproduksi dan seksualitas remaja (studi akun instagram @tabu.id) membahas penyajian informasi kesehatan reproduksi (kespro) dan seksualitas remaja di media sosial. Peneliti menggunakan metode etnografi virtual atau netnografi dengan menggunakan tahap analisis data model Analisis Media Cyber yang terdiri dari empat level yaitu ruang media (media space), dokumen media (media archive), objek media (media object), dan pengalaman (experiental stories). Kajian penelitian ini menggunakan teori new media Pierre Levy dan teori interaksi simbolik Mead.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa akun instagram @tabu.id intensif menyajikan informasi tentang kesehatan reproduksi dan seksualitas remaja secara kekinian, dilengkapi penggunaan fitur visual dan interaktif dengan melibatkan followers dalam interaksi untuk memproduksi konten menggunakan bahasa informal, sebagai ruang aman dan nyaman bagi remaja dalam pemenuhan informasi kesehatan reproduksi (kespro) dan seksualitas di media sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesehatan reproduksi; Remaja; Media sosial; Instagram
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:02
Last Modified: 23 Feb 2022 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15242

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics