Efikasi diri akademik mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Arab ditinjau dari tempat tinggal dan latar belakang pendidikan

Khamdi, Muhammad Iqbal (2020) Efikasi diri akademik mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Arab ditinjau dari tempat tinggal dan latar belakang pendidikan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1507016004_MUHAMMAD_IQBAL_KHAMDI_Lengkap] Text (SKRIPSI_1507016004_MUHAMMAD_IQBAL_KHAMDI_Lengkap)
1507016004_M. Iqbal K._Lengkap Tugas Akhir - Muhammad Iqbal Khamdi(1).docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (515kB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan mata kuliah yang dapat memunculkan kesulitan belajar, Yanti (2017) mengatakan bahwa semakin tinggi kesulitan belajar semakin rendah efikasi diri yang dimiliki.Bandura (2001) mendefinisikan efikasi diri adalah keyakinan diri untuk melakukan pengendalian terhadap keberfungsian diri ataupun kejadian dalam lingkungan. Elias & MacDonald (2016) dalam konteks akademik, efikasi diri disebut dengan efikasi diri akademik. Tempat tinggal dan latar belakang pendidikan merupakan sumber pengalaman mahasiswa dan memberi dampak yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah mencari perbedaan efikasi diri akademik mata kuliah bahasa Arab antara mahasiswa yang tinggal di pondok pesantren dan berlatar belakang pendidikan agama dengan mahasiswa yang tidak tinggal di pondok pesantren dan berlatar belakang pendidikan umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 116 mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan skala efikasi diri akademik dengan nilai alpha chronbach α =0,955. Analisis data menggunakan Mann-Whitney U dengan hasil nilai p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut mengungkapkan bahwa ada perbedaan efikasi diri akademik yang signifikan antara yang tinggal di pondok pesantren dan berlatar belakang pendidikan agama dengan mahasiswa yang tidak tinggal di pondok pesantren dan berlatar belakang pendidikan umum

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri; Bahasa Arab; Tempat tinggal; Pendidikan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:29
Last Modified: 23 Feb 2022 03:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15255

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics